Viral! Video Roy Suryo Tertawa Bahagia di Acara Klub Mercy Sambil Pakai Penyangga Leher, Husin Alwi: Gaya Doi Kayak Lecehin Polisi Banget

| 03 Aug 2022 13:41
Viral! Video Roy Suryo Tertawa Bahagia di Acara Klub Mercy Sambil Pakai Penyangga Leher, Husin Alwi: Gaya Doi Kayak Lecehin Polisi Banget
Viral video Roy Soryo di acara klub Mercedes-Benz. (Foto: Istimewa)

ERA.id - Ketua Cyber Indonesia, Husin Alwi Shihab menanggapi viralnya video Roy Suryo saat mengikuti "touring" kendaraan meskipun menyandang status sebagai tersangka kasus dugaan penistaan agama.

Padahal sebelumnya, mantan Menpora era Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu mengaku sakit saat menjalani pemeriksaan di Subdit Siber Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, beberapa waktu lalu. Bahkan ia sempat memakai kursi roda hingga penyangga leher saat jalani pemeriksaan.

Menanggapi itu, Husin Alwi menyebut bahwa aksi Roy yang tampak tertawa bahagia di acara komunitas Mercedes-Benz SL Club (MBSL) itu seperti melecehkan kepolisian Indonesia.

"Gaya doi ini kayak lecehin Polisi banget. Padahal sdh jadi TSK malah santai touring kayak gak berdosa dalam kasus penistaan agama Budha," kata Husin Alwi di akun Twitternya, dilihat ERA.id, Rabu (3/8/2022).

Ia menyebut seharusnya pakar telematika itu memberikan contoh yang baik sebagai publik figur, bukan malah seperti meledek.

"Mestinya sebagai publik figure memberi contoh yg baik ketika statusnya menjadi TSK. Ini kok kayak ngeledek?" tambah dia.

Husin lantas mengatakan bahwa dirinya yakin Roy Suryo akan masuk bui. Sebab jika tidak, hal itu akan membahayakan kerukunan umat beragama.

"Saya yakin dari awal RS akan masuk. Karena bila tidak diproses bahaya bagi kerukunan umat beragama. Namun saya liat Polri lebih berhati-hati dalam menangani kasus RS karna kasus ini sensitif," kata Husin.

"Tau sendiri genk sono mainnya suka framing 'Islamphobia'," tutup dia.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya menanggapi beredarnya video Roy Suryo mengikuti "touring" kendaraan meskipun menyandang status sebagai tersangka kasus dugaan penistaan agama.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan mengatakan, penyidik memiliki pertimbangan tidak menahan Roy Suryo setelah penetapan sebagai tersangka.

"Silakan saja masyarakat berpersepsi, itu hak masyarakat. Tapi penyidik tidak melakukan penahanan karena ada pertimbangan," kata Endra Zulpan di Jakarta, kemarin.

Namun Zulpan enggan berkomentar lebih jauh terkait waktu dan tempat "touring" yang dilakukan oleh mantan Menteri Pemuda dan Olahraga tersebut.

"Kenapa dia tidak ditahan, alasan sakit ternyata dia di luar aktivitas seperti itu. Bagaimana tanggapan Polda Metro? Jadi jawabannya adalah penyidik punya pertimbangan mengapa belum ditahan, itu jawabannya ya," ujar Zulpan.

Sebelumnya, beredar video yang memperlihatkan Roy Suryo sedang mengikuti kegiatan "touring" kendaraan meski saat ini berstatus sebagai tersangka kasus dugaan penistaan agama terkait meme stupa Candi Borobudur.

Dalam video, Roy terlihat mengenakan penyangga leher medis dan baju komunitas mobil. Dia tampak bersenda gurau dengan rekan-rekannya.

Belum diketahui secara pasti waktu dan lokasi kegiatan yang dihadiri oleh Roy Suryo itu.

Rekomendasi