Titik Jatuh Pesawat Latih Bonanza TNI AL Ditemukan, Jatuh di Kedalaman 10-15 Meter

| 07 Sep 2022 18:27
Titik Jatuh Pesawat Latih Bonanza TNI AL Ditemukan, Jatuh di Kedalaman 10-15 Meter
Sejumlah pesawat TNI AL menyambut kedatangan KRI Sultan Iskandar Muda-367 yang tergabung dalam Satgas Maritime Taks Force TNI Konga XXVIII-M/Unifil TA 2020 saat melintas di Selat Madura, Sabtu (3/9/2022). (ANTARA/Didik Suhartono)

ERA.id - TNI AL melakukan penelusuran untuk mencari pesawat latihnya yang terjatuh. Titik jatuhnya pesawat jenis G-36 Bonanza T-2503 ini telah ditemukan.

"Saat ini tim masih terus mencari di lokasi tempat jatuhnya pesawat latih kami dan sampai dengan sore ini perkembangan di lapangan telah menemukan titik di mana jatuhnya pesawat itu," kata Danpuspenerbal, Laksamana Muda (Laksda) TNI Dwika Tjahja Setiawan saat konferensi pers di Mabesal, Jakarta, Rabu (07/09/2022).

Dwika menjelaskan pesawat latih TNI AL ini terjatuh di perairan Selat Madura. Tim penyelam, sambungnya, telah diterjunkan untuk mencari bangkai pesawat dan dua kru kapal tersebut.

Dia menerangkan titik jatuhnya pesawat latih ini diketahui ketika sonar kapal TNI AL menangkap gambar siluet berbentuk pesawat.

"Memang secara gambar yang ada di sonar itu bentuknya hanya siluet. Masih terlihat bentuk pesawatnya di kedalaman antara 10-15 meter," kata Dwika.

"Jadi kembali saya sampaikan bahwa hasil yang dilihat dari layar monitor sonar adalah bentukan hanya siluet pesawat. Jadi kita tidak bisa detail melihat apakah masih ada kru, kondisi seperti apa, memang tidak terlihat karena itu bentuknya hanya siluet. Ini kan setelah ini baru kita lakukan penyelaman (untuk mencari pesawat)," sambungnya.

Pesawat latih TNI AL yang terjatuh ini ditumpangi dua orang. Pesawat itu dipiloti oleh Lettu Laut (P) Judistira Eka Permady dan kopilot Letda Laut (P) Dendy Kresna Bhakti.

Lebih lanjut, Dwika menerangkan TNI AL belum mengetahui penyebab pasti kecelakaan ini. Kondisi awak pesawat juga belum diketahui.

"Untuk kondisi pilot juga masih belum bisa kita pastikan. Kemungkinan sampai penyelam yang melaksanakan pertolongan telah benar-benar dapat menemukan dan melaporkan kondisi penerbang," jelasnya.

Sebelumnya, sebuah pesawat latih TNI AL jatuh. Pesawat TNI AL ini jatuh di Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS).

"Telah terjadi musibah kecelakaan jatuhnya pesawat udara (pesud) jenis G-36 Bonanza T-2503 milik TNI Angkatan Laut yang jatuh di Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS)," kata Kadispenal Laksma Julius Widjojono dalam keterangannya, Rabu (7/9/2022).

Penyebab jatuhnya pesawat latih ini belum diketahui. Julius mengatakan pesawat ini terjatuh saat sedang latihan.

"Pesawat tersebut mengalami kecelakaan saat Konvoi KRI melaksanakan latihan Anti Serangan Udara (Air Defense Exercise), dalam hal ini Bonanza berperan sebagai penyerang," ucapnya.

Rekomendasi