Beredar Video, Bambang Tri Tolak Semua Tawaran dari Jokowi Usai Dipanggil ke Istana, Benarkah?

| 21 Oct 2022 07:13
Beredar Video, Bambang Tri Tolak Semua Tawaran dari Jokowi Usai Dipanggil ke Istana, Benarkah?
Tangkapan layar Turnbackhoax.id

ERA.id - Akun Facebook Perspektif pada 15 Oktober 2022 mengunggah sebuah video yang menampilkan foto Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang sedang berbincang dengan Bambang Tri dengan narasi “DIPANGGIL KE ISTANA !! B.AM.BA.NG T.R.I T.OL.A.K SEGUDANG TAWARAN DARI JO.KU.WI

Dikutip dari Turnbackhoax.id pada Jumat (21/10/2022), adanya video yang menampilkan foto Presiden Jokowi sedang berbincang dengan Bambang Tri yang diklaim sebagai Bambang Tri yang dipanggil ke istana dan menolak tawaran dari Presiden Jokowi merupakan konten yang dimanipulasi.

Turnbackhoax.id

Faktanya, foto itu merupakan foto editan dengan cara menempatkan wajah Bambang Tri ke foto asli yang adalah foto saat Presiden Joko Widodo berbincang dengan Megawati Sukarnoputri, Mensesneg Pratikno, Seskab Pramono Anung dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Istana Negara, pada 15 Juni 2022.

Foto yang asli, salah satunya dimuat di artikel berjudul “Reshuffle Kabinet 15 Juni 2022: Saturasi Demokrasi Indonesia Makin Turun” yang terbit di situs Kompas.com pada 16 Juni 2022.

Turnbackhoax.id

Foto ini diberi keterangan: “Presiden Joko Widodo (kedua kiri) berbincang dengan Ketua Umum PDIP Megawati Sukarnoputri (ketiga kanan), Mensesneg Pratikno (kedua kanan), Seskab Pramono Anung (ketiga kiri) dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (kanan) usai upacara pelantikan menteri dan wakil menteri Kabinet Indonesia Maju sisa masa jabatan periode 2019-2024 di Istana Negara, Rabu (15/6/2022).

Presiden Joko Widodo melantik Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto, Wamen ATR Raja Juli Antoni, Wamendagri John Wempi Watipo dan Wamenaker Afriansyah Noor.

Tags : cek fakta
Rekomendasi