Hottest Issue Pagi, Senin 29 Oktober 2018

Tim Editor

Ilustrasi (Mahesa/era.id)

Jakarta, era.id - Hari Senin, hari yang baik buat menguasai dunia, begitu seenggaknya kutipan yang pernah saya dengar dalam sebuah film. Nah, ini ada beberapa modal untuk kamu, barangkali bukan untuk menguasai dunia, tapi cukuplah untuk menguasai hari Senin ini.


1. Teaser Perdana Gundala


Gundala (Sumber: Instagram/@jokoanwar)


Joko Anwar telah merilis penampakan pertama dari proyek teranyarnya: Gundala. Hasilnya, gokil! Gundala langsung memancing rasa penasaran yang amat tinggi di dada para pecinta film.

Publik Instagram pun ramai-ramai memuji video teaser Gundala. Sebagian besar dari mereka menyampaikan rasa enggak sabar ingin segera menikmati suguhan superhero lokal garapan sang sutradara bertalenta.

Di Indonesia Comic Con, Joko resmi mengumumkan para pemain dari proyek yang digarap kolektif oleh Legacy Pictures, Screenplay Films, hingga Bumilangit Studios ini.

Selengkapnya: Joko Anwar Rilis Teaser Perdana Gundala


2. Kerugian Bencana Sulteng Rp18,48 triliun


Gempa dan tsunami Sulteng (Sumber: Istimewa)


Penyempurnaan data terkait kerugian ekonomi akibat gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah terus dilakukan. Teranyar, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat peningkatan jumlah kerugian akibat bencana di sejumlah wilayah di Kota Palu, Kabupaten Sigi, Donggala, dan Parigi Moutong.
 
Per Sabtu (27/10), BNPB mencatat kerugian akibat bencana di Sulawesi Tengah telah mencapai Rp18,48 triliun, meningkat dari jumlah sebelumnya yang cuma Rp13,82 triliun per 21 Oktober 2018. Diperkirakan dampak ekonomi berupa kerugian dan kerusakan akibat bencana di Sulawesi Tengah ini masih akan terus bertambah seiring penyempurnaan data yang terus dilakukan.

Selengkapnya: Kerugian Gempa dan Tsunami Sulteng Capai Rp18,48 triliun


3. Hari Sumpah Pemuda


Ilustrasi (Pixabay)

Habis Halloween, terbitlah Sumpah Pemuda. Bukan, ini bukan artikel klise yang mempersoalkan letak nasionalisme kamu-kamu yang merayakan Halloween semalaman suntuk sampai tidur kebablasan hingga sore di Hari Sumpah Pemuda ini. Tapi, mari kita lihat, sudah sejauh mana peradaban kita berada? Sudah sejauh mana kita melebur dalam globalisasi? Semoga setelahnya, kita bisa jadi pemuda yang mampu berkontribusi besar, enggak hanya bagi negara, tapi juga bagi dunia.

Poin utama bahasan ini tentu bukan tanggal berapa seharusnya klub-klub malam dalam negeri merayakan Halloween. Tapi, lewat geliat klub malam dan Halloween, sejatinya kita bisa melihat, sudah sampai mana kita mengikuti arus globalisasi. Dan sebuah tulisan Sri Yuliani, pengajar di Fakultas Ilmu sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret (UNS), Surakarta, Jawa Tengah menjelaskan soal konsep Sumpah Pemuda di Era Globalisasi.

Selengkapnya: Habis Halloween Terbitlah Sumpah Pemuda


4. Penggratisan Jembatan Suramadu


Jembatan Suramadu (Sumber: setkab.go.id)


Presiden RI Joko Widodo membebaskan tarif Jembatan Suramadu. Meski Jokowi mengatakan pembebasan tarif ini bukan urusan politik, namun ada yang memandang hal ini sebagai upaya untuk dulang suara di Pilpres 2019.

Jokowi merupakan calon petahana yang berpasangan dengan Ma'ruf Amin. Pasangan nomor urut 01 ini akan melawan pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno pada Pilpres 2019.

Wasekjen PAN Faldo Maldini mengatakan, kebijakan apapun yang dilakukan oleh kepala negara yang mencalonkan lagi di kontestasi poltiik berikutnya pasti tidak terlepas dari anggapan itu.

Selengkapnya: Kebijakan Menggratiskan Jembatan Suramadu, Politis atau Tidak?


5. Indonesia U-19 Gagal Lolos Semifinal AFC



Ilustrasi (Sumber: Instgram/@pssi_fai)


Timnas Indonesia U-19 harus mengakui keunggulan Jepang. Bermain di Gelora Bung Karno, Jakarta, anak asuh Indra Sjafri menyerah dengan skor 0-2. Hasil ini sekaligus mengakhiri perjuangan Indonesia di Piala AFC U-19.

Dengan hasil ini, mimpi timnas Indonesia U-19 untuk berlaga di Piala Dunia U-20 di Polandia pada pertengahan 2019 (Mei-Juni) turut kandas.

Selengkapnya: Langkah Indonesia ke Piala Dunia U-20 Polandia Dijegal Jepang

Tag: hottest issue

Bagikan: