Hottest Issue Malam, Jumat 23 November 2018

Tim Editor

Ilustrasi Hottest Issue Malam (Mahesa/era.id)

Jakarta, era.id - Selamat malam pembaca era.id, menemani waktu sore kalian ada sejumlah artikel menarik yang mungkin terlewatkan sejak pagi tadi. Mulai dari kabar ahli robotika Indonesia yang ikut terlibat buat Gundam. Animasi komputer terbaru Disney, hingga fenomena Black Friday.


1. Ahli Robot Indonesia bikin Gundam


ejak pertama kali ditayangkan di tahun 70-an, serial mecha Gundam telah menjadi salah satu franchise robot terkenal di dunia dan tetap eksis hingga sekarang. Dan di tahun 2019 nanti, serial robot ini akan genap berusia 40 tahun.

Sejak memunculkan ukuran asli dari Gundam RX-78 dan Unicorn Gundam berskala 1/1 di Jepang, kini Sunrise tengah menjalankan sebuah proyek ambisius terbarunya, yakni membuat Gundam yang benar-benar bisa bergerak. Kabar ini makin terasa spesial terlebih bagi penggemar Gundam di tanah air, karena proyek itu turut melibatkan salah satu ahli robotika asal Indonesia.

Informasi itu diumumkan lewat siaran live-streaming di YouTube pada perayaan 40 tahun serial Gundam, Rabu (21/11). Tim proyek 'Gundam Global Challenge' ini mengumumkan akan membuat replika robot Gundam dengan skala 1/1 yang dapat bergerak.

Untuk mewujudkan proyek luar biasa ini, tim Gundam Global Challenge menggaet para pendesain dan ahli robotika dari dalam maupun luar jepang. Yang mengejutkan, rupanya proyek ini turut melibatkan salah satu pakar robotika asal Indonesia, yakni Pitoyo Hartono.     

2. Simba Tampil Lebih Realistis


Disney kembali 'menghidupkan' animasi populer Lion King dalam proyek live-action. Adegan ikonik saat Simba lahir di Pride Rocks pun membuka teaser film tersebut. 

Seperti film sebelumnya 'The Jungle Book', sutradara Jon Favreau berada di balik kendali 'The Lion King' yang kali ini Disney kemas dalam bentuk computer-animated drama film. 

Sederetan bintang digandeng untuk ambil bagian dalam live-action kali ini. Di antaranya aktor dan musisi Donald Glover, Chiwetel Ejiofor, Seth Rogen, hingga Beyonce. 

Dijadwalkan rilis di musim panas tahun depan, berikut cuplikan trailer live-action 'The Lion King'.

3. 1 Juta penonton film Ahok


Basuki Tjahja Purnama mengucapkan terima kasih kepada seluruh penonton Indonesia dan tim di balik layar film 'A Man Called Ahok'. Sebab film biopik yang tayang sejak 8 November itu telah sukses menembus angka satu juta penonton.

"Terima kasih kepada 1.333.492 orang yang telah menonton film A Man Called Ahok. Terima kasih secara khusus untuk para pejuang di balik layar film," tulis postingan timBTP seperti dikutip dari akun Twitter @basuki_btp, Jumat (23/11/2018).
 

Dalam secarik surat ia pun mengucapkan terima kasihnya, kepada segenap tim kru dan tim produksi film yang telah mengangkat kisah masa kecilnya. Terlebih nilai-nilai yang diajarkan ayahanda Ahok kepadanya.    

"Terima kasih untuk para pejuang di balik layar yang telah bertutur tentang kehidupan masa kecil saya dengan karya yang bernilai. Saya harap nilai-nilai yang ayah saya ajarkan kepada saya dapat terus disebarkan kepada generasi penerus bangsa," tulis Ahok.


4. Premanisme Warisan Orde Baru


Pengamat sosial Universitas Indonesia (UI), Devie Rahmawati menilai munculnya aksi premanisme seperti kasus Hercules yang menduduki suatu lahan sebagai 'buah' dari kebebasan yang dirasakan masyarakat selepas masa orde baru.

"Ini dikarenakan runtuhnya orde baru karena selepas orde baru masa reformasi menjadi masa bulan madu bagi semua organisasi. Sebab di masa kepemimpinan orde baru tidak memberikan kesempatan masyarakat untuk tumbuh dan berkembang," ujar Devie ditulis Antara, Jumat (23/11/2018).

Selain itu, pada era setelah reformasi ketika kekerasan itu terjadi, kekerasan antarwarga terjadi karena para elite pada masa reformasi sibuk dengan kepentingan politik masing-masing sehingga tidak ada lagi yang 'berkuasa'.

Devie menjelaskan selepas masa orde baru sebenarnya bukan hanya orang seperti Hercules yang muncul, namun perebutan lahan terjadi karena sebagai cara masyarakat untuk bertahan hidup mencari keadilan saat para elite sibuk dengan kepentingan sendiri.

Banyaknya kasus pemekaran setelah reformasi memicu konflik horizontal antar masyarakat karena persoalan lahan. Ironisnya, hal seperti itu menjadi sebuah 'tren' yang mengikuti garis perubahan politik di Indonesia.

5. Diskonan Black Friday


 November adalah bulannya diskon besar-besaran. Selang 17 hari pascapesta diskon Singles Day dihelat, hari ini masyarakat Amerika Serikat kembali dihampiri pesta diskon dengan tajuk Black Friday.

Jutaan orang Amerika Serikat turut berpartisipasi dalam pesta ini. Menurut survei Deloitte seperti dinukil CNN, lebih dari 70 persen orang yang berencana belanja pada musim liburan Natal akan berubah haluan untuk membeli barang-barang yang mereka inginkan pada acara Black Friday tahun ini. 

Barang yang paling banyak dibeli adalah barang elektronik dan mainan, karena barang-barang tersebut diberi potongan harga yang paling menggiurkan.

Sebagian besar pengecer memasang pemindaian, kupon, dan penawaran iklan Black Friday mereka secara online setelah sebelumnya memberi waktu kepada konsumen untuk memilih dan mencari tahu tentang diskon penjualan dan merencanakan pembelian konsumen. 

Bagikan: