Hottest Issue Siang, Selasa 27 November 2018

Tim Editor

Ilustrasi (Mahesa/era.id)

Jakarta, era.id -  Selamat siang. Menemani waktu makan siang kalian, tim redaksi era.id menyuguhkan sejumlah artikel menarik yang mungkin kalian lewatkan sejak pagi tadi. Kami berikan rangkumannya untuk kamu nikmati.

1. NASA Mendarat di Mars

Pesawat antariksa milik NASA, InSight, berhasil mendarat di Mars, Senin (26/11/2018) waktu setempat, membawa perangkat yang dirancang untuk mempelajari getaran seismik di planet tersebut.

Dilansir Antara, Selasa (26/11), pesawat ini diluncurkan dari California pada Mei lalu. Dia akan menjelajahi planet tersebut selama 24 bulan ke depan (hampir satu tahun di Mars) untuk mengumpulkan data demi menyingkap bagaimana Mars terbentuk. Penjelajahan ini juga diharap bisa memberi informasi baru terhadap asal-usul bumi serta planet lain di sistem tata surya.

Salah satu topik utama yang mereka gali mengenai Mars adalah, yang semula planet hangat dan basah, berevolusi menjadi kering, dingin, sepi dan tidak ada kehidupan. Kepala ilmuwan di NASA, James Green, meyakini ada sesuatu yang saat ini belum bisa dijelaskan, Mars dahulu diduga memiliki kutub magnet atau aktivitas tektonik.    

Baca Juga : Pesawat NASA Mendarat di Mars


Planet Mars (Pixabay)

2. Dhani Dituntut 2 Tahun

Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan menuntut artis Ahmad Dhani penjara dua tahun karena diduga telah melanggar Undang-Undang tentang Informasi Transaksi Elektronik (ITE).

Dalam sidang pembacaan tuntutan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin, jaksa menyatakan Ahmad Dhani terbukti secara sah melanggar Pasal 45 ayat (2) juncto Pasal 28 ayat (2) UU RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE juncto Pasal 55 ayat (1) KUHP.

Di samping penjara dua tahun, jaksa menuntut agar sejumlah barang bukti  berupa satu flashdisk, satu handphone beserta simcard untuk dirampas dan dimusnahkan. 

Baca Juga : Dua Tahun Tuntutan untuk Ahmad Dhani 


Ahmad Dhani (Foto: Instagram @ahmaddhaniprast)

3. Maaf Fahri kepada Tompi (Video)

Artis Tompi dan Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah akhirnya bertemu. Setelah beradu argumen di Twitter soal operasi plastik yang dilakukan oleh Ratna Sarumpaet beberapa waktu lalu

Pada pertemuan tersebut Fahri meminta maaf pada Tompi. Untuk info selengkapnya, intip video di sini!


Fahri Hamzah (Mery/era.id)

Baca Juga : VIDEO: Fahri Hamzah Minta Maaf kepada Tompi

4. Vonis 18 Bulan Buni Yani 

Mahkamah Agung (MA) menolak permohonan kasasi Buni Yani dan jaksa. Ini berarti Buni Yani tetap dihukum 18 bulan alias 1,5 tahun penjara.

"Dengan ditolaknya permohonan kasasi, baik jaksa penuntut umum maupun terdakwa, maka kembali kepada putusan pengadilan sebelumnya," ujar Kepala Biro Hukum dan Humas MA Abdullah kepada wartawan di kantornya, Jalan Medan Merdeka Utara, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (26/11/2018).

Sebelumnya, Buni Yani terbukti melakukan ujaran kebencian dengan mengedit isi video pidato mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama (Ahok) dan divonis lebih ringan dari tuntutan jaksa yakni 2 tahun penjara dan denda Rp 100 juta subsider 3 bulan kurungan.    

Baca Juga : Mengingat Vonis 18 Bulan Penjara Buni Yani



5. Rusia Tuntut Google

Tidak dipatuhinya aturan untuk menghapus beberapa entri di hasil pencarian Google, membuat Rusia mengajukan tuntutan perdata terhadap perusahaan raksasa teknologi tersebut. 

Dikutip dari Antara, Selasa (27/11/2018), lembaga pengawas komunikasi Rusia Roscomnadzor akan mengenakan denda sebesar 10.450 dolar AS jika perusahaan tersebut divonis bersalah. Keputusan akhir kasus ini akan diambil pada Desember mendatang.

Roscomnadzor menyatakan, Google tidak turut serta dalam registrasi negara untuk melarang sejumlah situs yang diyakini negara tersebut memuat informasi ilegal sehingga mereka dinilai melanggar undang-undang.

Baca Juga : Rusia Tuntut Google 10.450 dolar AS


Ilustrasi (Pixabay)

Tag: hottest issue

Bagikan: