Hottest Issue Siang, Rabu 28 November 2018

Tim Editor

Ilustrasi (Audrey/era.id)

Jakarta, era.id - Selamat siang. Menemani waktu makan siang kalian, tim redaksi era.id menyuguhkan sejumlah artikel menarik yang mungkin kalian lewatkan sejak pagi tadi. Kami berikan rangkumannya untuk kamu nikmati.

1. Pencipta SpongeBob Meninggal

Pencipta sekaligus kreator serial kartun SpongeBob SquarePants di Nickelodeon, Stephen Hillenburg, meninggal dunia pada Senin (26/11/2018) malam waktu Amerika Serikat. Hillenburg meninggal dalam usia 57 tahun karena penyakit Amytrophic Lateral Sclerosis atau ALS.

Mengutip dari IGN, Rabu (28/11) penyakit ALS diderita Hillenburg sejak Maret 2017. Kabar meninggalnya kreator animasi terkenal ini disampaikan langsung oleh pihak studio Nickelodeon.

"Kami sedih untuk berbagi berita tentang meninggalnya Stephen Hillenburg, pencipta SpongeBob SquarePants. Hari ini, kita memilih berkabung untuk menghormati kehidupan dan pekerjaannya," tulis Nickelodeon dari akun Twitter @Nickelodeon.

Baca Juga : Pencipta SpongeBob SquarePants Meninggal Dunia


Stephen Hillenburg (Foto: variety.com)

2. OTT di Pengadilan Jaksel

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) pada Rabu (28/11) dini hari. Penindakan ini dilakukan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Dari hasil operasi ini, KPK menangkap enam orang yang diduga termasuk pihak Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. 

"Benar, ada kegiatan tadi malam sampai dini hari, di Jakarta terkait penanganan perkara perdata di pengadilan negeri Jakarta Selatan. Sudah diamankan enam orang," kata Ketua KPK Agus Rahardjo saat dihubungi.

Meski telah mengamankan enam orang, Agus masih enggan memaparkan siapa saja pihak yang terjaring dalam operasi senyap tersebut.     

Baca Juga : OTT KPK di PN Jaksel, Ribuan Dolar Singapura Disita KPK


Juru Bicara KPK Febri Diansyah (Wardhany/era.id)

3. Bandara Terlewat 46 km

Biro Keamanan Transportasi Australia atau Australian Transport Safety Bureau (ATSB) sedang menyelidiki penerbangan pesawat Vortex Air dari kota Tasmania Devonport ke King Island pada 8 November ini. 

Dilansir dari ABC, Rabu (28/11), dalam kasus ini, seorang pilot tertidur saat bertugas, sehingga melewatkan destinasinya, yaitu King Island, sejauh 46 kilometer. 

"Selama perjalanan, pilot itu tertidur, mengakibatkan pesawat kelewatan menuju King Island sejauh 46 kilometer," kata ATSB.

Pilot pesawat Piper PA-31 adalah satu-satunya orang yang ada di pesawat. Dia lepas komunikasi dengan bandara King Island pada pukul 7.15 waktu setempat.    

Baca Juga : Bandara Terlewat 46 Kilometer karena Pilot Ketiduran


Ilustrasi (Foto: Twitter @vortexair)

4. Jack Ma Anggota Partai Komunis

Pendiri Alibaba Group Jack Ma disebut-sebut merupakan anggota Partai Komunis. Hal itu dipaparkan surat kabar resmi Partai pada Senin (26/11). Pernyataan ini sekaligus mematahkan anggapan publik bahwa miliarder itu tidak terafiliasi politik.

Tapi, surat kabar itu tidak menyebutkan sejak kapan Jack Ma menjadi anggota partai Komunis Cina. 

Dilansir Channel News Asia, Rabu (28/11/2018), tidak jelas mengapa koran itu memilih untuk menyebutkan afiliasi Ma. Tapi, informasi ini datang di tengah desakan Beijing untuk membawa perusahaan swasta agar sejalan dengan nilai-nilai Partai, terutama di sektor teknologi yang berkembang pesat karena didorong oleh keberhasilan perusahaan swasta.

Baca Juga : Media China Sebut Jack Ma Anggota Partai Komunis


Pendiri Alibaba Group Jack Ma (Foto: Twitter @alibabagroup)

5. Tiga Penyu Mati di Pulau Pari

Tiga penyu ditemukan mati di Pulau Pari, Kabupaten Kepulauan Seribu akibat sampah plastik dan minyak mentah. Lokasi penemuan penyu mati berada tak jauh dari Pulau Pari, sekitar 150 meter.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah III Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) DKI Jakarta, Ida Harwati mengatakan, saat ditemukan penyu tersebut dalam kondisi sudah busuk. 

"Memang benar pada tanggal 27 November 2018 ditemukan tiga ekor penyu yang mati. Tapi kondisinya sudah membusuk, jadi tidak dievakuasi ke darat. Sudah tertutup lendir, di mulutnya sudah ada plastik begitu juga dengan sela-sela kaki depannya," ujar Ida di Jakarta, dilansir Antara, Rabu (28/11).

Baca Juga : Tiga Penyu Mati di Pulau Pari akibat Sampah


Ilustrasi (Pixabay)

Tag: hottest issue

Bagikan: