Hottest Issue Siang, Jumat 30 November 2018

Tim Editor

Ilustrasi dipersembahkan oleh Mahesa/era.id

Jakarta, era.id - Selamat siang. Menemani waktu makan siang kalian, tim redaksi era.id menyuguhkan sejumlah artikel menarik yang mungkin kalian lewatkan sejak pagi tadi. Kami berikan rangkumannya untuk kamu nikmati.

1. Mesir Pertimbangkan Larang PUBG

Anggota Parlemen Mesir sedang mempertimbangkan untuk mengeluarkan larangan permainan PlayerUnknown's Battleground (PUBG), pada aplikasi telepon pintar, yang sedang digandrungi generasi pemuda di negeri tersebut.

Dilansir dari Antara, Jumat (30/11/2018), PUBG--gim simulasi tempur orang-pertama, yang melibatkan senjata yang berteknologi tinggi dan suara keras--belum lama telah menjadi salah satu game yang paling banyak dimainkan di Mesir dan wilayah sekitarnya. Namun aplikasi telepon permainan-gratis tersebut telah menjadi kontroversi di sana.

Media baru lokal, baru-baru ini, melaporkan adanya seorang murid di Provinsi Iskandariyah di Mesir Utara telah membunuh gurunya akibat dari kecanduan PUBG.

Baca Juga : Parlemen Mesir Pertimbangkan Larangan PUBG


Ilustrasi (Foto: pubg.com)

2. Gempa Guncang Yogyakarta

Gempa berkekuatan 5,1 magnitudo mengguncang Yogyakarta, Jumat (30/11/2018 dini hari. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengkonfirmasi gempa tidak berpotensi tsunami.

Gempa terjadi sekitar pukul 03.42 WIB. Lokasi gempa tercatat berada di 122 km sisi Barat Daya Kabupaten Kulo Progo, Yogyakarta. Dengan epicentrum di 8,84 Lintang Selatan dan 109,74 Bujur Timur.

Getaran gempa yang dirasakan (MMI) II-III kuat hingga Kulon Progo, Bantul dan Yogyakarta. Yang artinya getaran gempa masuk kategori lemah dan tidak menimbulkan kerusakan bangunan.

Baca Juga : Dini Hari, Gempa 5,1 Magnitudo Guncang Yogyakarta


Foto: Gempa 5,1 magnitudo Yogyakarta (Foto: Twitter @BMKG)

3. 113 Napi di Aceh Kabur

Sebanyak 113 narapidana kabur dalam kericuhan yang terjadi di Lapas Lambaro, Banda Aceh. 20 napi berhasil kembali ditangkap oleh pihak kepolisian Resor Kota Banda Aceh, sementara 93 lainnya masih dicari.

Dilansir dari Antara, Jumat (30/11), Kapolsek Ingin Jaya, Iptu Tri Andi Darma, kaburnya para napi diduga terjadi karena kericuhan ruang penerima tamu. Di mana para napi membobol jendela dan memukul seorang sipir yang sedang berjaga. 

Diduga para napi lapas Banda Aceh kabur di tengah hujan lebat sekitar pukul 18.40 WIB. Mereka lari ke sawah-sawah di sekitar lapas untuk bersembunyi dari kejaran petugas.    

Baca Juga : 113 Napi di Aceh Kabur, 20 Berhasil Ditangkap


Napi kabur dari lapas Aceh (Istimewa)

4. Antisipasi Sampah Reuni 212

Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mengantisipasi tumpukan sampah pada acara Reuni 212 yang akan digelar Minggu (2/12/2018) dengan mengerahkan 500 Pekerja Penanganan Sarana dan Prasarana Umum (PPSU).

Kepala Dinas LH Isnawa Adji menyebut, pekerja yang dikenal dengan istilah pasukan oranye ini akan disebar ke beberapa titik sekitar Monumen Nasional (Monas), lokasi acara Reuni 212 digelar.

Karena acara bertepatan dengan hari bebas kendaraan bermotor atau car free day, Dinas LH juga akan meminta perkuatan pasukan dari Sudin LH Jakarta Barat dan dan Jakarta Selatan.    

Baca Juga : Mengantisipasi Penumpukan Sampah di Reuni 212


Ilustrasi (pixabay)

5. Taylor Swift Ratu Twitter

Penyanyi pop Taylor Swift didapuk menjadi selebritis yang paling berpengaruh di tahun 2018. Julukan 'Ratu Twitter' pun diberikan oleh perusahan analisis media sosial, Brandwatch berdasarkan riset yang dilakukan kepada sejumlah selebritis popoler.

Dilansir CNET, Jumat (30/11), Taylor mengantongi skor 98 poin, dibanding seleb lainnya yang kerap menggunakan Twitter sebagai media sosialnya. Tak hanya jumlah follower, Brandwatch juga mengukur seberapa berpengaruhnya figur selebrita terhadap pengikutnya dalam keterlibatan media sosial.

Sepanjang 2018, pelantun lagu Delicate tersebut tercatat hanya 13 kali nge-tweet (retweet atau membalas tweet pengguna lain tidak dihitung). Sama halnya dengan penyanyi asal Kanada Justin Bieber yang sudah 10 tahun terakhir masuk di peringkat 10 besar, namun terlihat tidak begitu aktif di Twitter.

Baca Juga : Taylor Swift Jadi Seleb Paling Berpengaruh di Twitter


Penyanyi pop Taylor Swift (Foto: Instagram @Taylorswift)

Tag: hottest issue

Bagikan: