Hottest Issue Kamis Pagi, 21 Februari 2019

Tim Editor

Ilustrasi Hottest Issue pagi (Ilham/era.id)

Jakarta, era.id - Selamat pagi, kami punya sejumlah berita menarik yang bisa jadi bahan obrolan kalian hari ini. Untuk mengawali aktivitas ada kabar dari pertandingan AFF U-22 di mana Indonesia bermain imbang dengan Malaysia. Kemudian ada kabar unik dari Vietnam. 


1. Indonesia-Malaysia Main Imbang


Timnas Indonesia (Instagram/@pssi_fai)

Tim nasional Indonesia U-22 diimbangi Malaysia 2-2 dalam laga kedua penyisihan Grup B Piala AFF U-22 di Stadion Nasional, Phnom Penh, Kamboja, Rabu sore (20/2).

Padahal, Indonesia dua kali meraih keunggulan atas Malaysia lewat gol Marinus Wanewar dan Witan Sulaiman. Namun, Malaysia dua kali juga berhasil menyamakan kedudukan lewat situasi bola mati, yakni tendangan bebas Nik Akif Syahiran Nik Mat dan sundulan Muhammad Jafri menyambut sepak pojok.

Hasil itu membuat Indonesia untuk sementara berada di peringkat kedua klasemen dengan raihan dua poin dari dua skor imbang, sedangkan Malaysia (1) tak beranjak dari juru kunci klasemen.
 

Pertandingan selanjutnya, Indonesia bakal menghadapi tuan rumah Kamboja pada laga pamungkas, Jumat (22/2) petang, setelah Malaysia melakoni pertandingan hidup mati melawan Myanmar.


2. Usul Undangan Debat Bisa Bertanya



Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengusulkan format baru dalam debat ketiga capres-cawapres Pemilu 2019, yaitu melibatkan sejumlah tamu undangan untuk memberikan pertanyaan langsung kepada para peserta debat. Harapannya, debat akan lebih eksploratif.

Meski begitu, tentu saja tak semua pihak bisa mengajukan pertanyaan, melainkan hanya tamu undangan KPU yang memiliki keterkaitan dengan tema yang diangkat dalam debat.

Baca Juga: KPU Usul Undangan Bisa Bertanya di Debat Ketiga

"Kami inisiasi ada pertanyaan langsung dari pihak yang terlibat dan kompeten dengan tema. Misalkan, ke depan (debat ketiga) kan tema pendidikan, kesehatan, yang kesejahteraan rakyat itu. Jadi misalnya pakar pendidikan tanya langsung. Atau bukan pakar, tetapi pengelola pendidikan non-pemerintah," tutur Komisioner KPU, Wahyu Setiawan di kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Rabu (20/2/2019).

Kata Wahyu, rencana tersebut baru sebatas gagasan dari KPU. Rencana ini belum disampaikan ke tim kampanye Jokowi-Ma'ruf ataupun Prabowo-Sandiaga. Ide eksplorasi ini masih dirumuskan teknisnya. KPU juga masih mengkaji kemungkinan diberlakukannya mekanisme tersebut. 
    

3. Bocah Ditembak PNS Karena Mangga

Oknum aparatur sipil negara Pemkot Ambon berinisial GDSN (54) tega menembak seorang bocah usia delapan tahun dengan senapan angin, hanya karena mengambil buah mangga yang jatuh di pekarangan rumah pelaku.

"Peristiwa ini terjadi pada Selasa, (19/2) sekitar pukul 14.00 WIT dan benar sudah dilaporkan ibu kandung korban ke SPKT Polres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease," kata Kasubag Humas Polres setempat, Ipda Zulkisno Kaisupy dikutip dari Antara, Rabu (20/2/2019).

Baca Juga: Bocah Ditembak PNS karena Buah Mangga

Pelaku GDSN dilaporkan ibu kandung korban berinisial ALT (41) atas perbuatan tindak pidana kekerasan terhadap anak. Menurut Kasubag Humas, bocah berusia delapan tahun berinisial GL ini diketahui ibunya mengalami luka robek di lengan bagian kanan.

Kini kasus tersebut masih dalam tahap pemeriksaan oleh penyidik unit PPA Satuan Reskrim Polres Polres Ambon dan Pulau-Pulau Lease.


4. Cukur Ala Kim-Trump Gratis di Vietnam


Vietnam dipastikan menjadi lokasi pertemuan kedua Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dengan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un. Menyambut pertemuan spesial itu, sebuah salon di Hanoi menawarkan pangkas rambut gratis dengan model Trump atau Kim Jong Un.

Melansir dari situs Time, Rabu (20/2/2019) pangkas rambut Tuan Dong memberikan promo unik jelang pertemuan bersejarah kedua pemimpin itu pada 27-28 Februari mendatang di Vietnam. Ia menawarkan pangkas rambut dengan model Trump dan Kim Jong Un sebagai acuannya. 
 


Menurut sang pemilik, Le Tuan Dong promo unik yang dilakukannya ini sebagai bentuk penghormatan kepada sosok kedua pemimpin negera itu. Pangkas rambut model Trump atau Kim Jong Un akan berlangsung hingga 28 Februari.


5. Melihat Lahan Prabowo di Aceh

Pada debat putaran kedua kemarin, Capres Joko Wibowo mengungkap Prabowo Subianto punya ratusan lahan tanah di Kalimantan dan Aceh. Total lahan yang dikuasai Prabowo disebut mencapai 3.400 kilometer persegi.



Tim era.id mendatangi salah satu lahan tanah milik Prabowo di Aceh. Lokasi lahan itu berada di empat kabupaten yakni di kawasan Aceh Tengah, Bener Meriah, Bireuen hingga Aceh Utara. Lahan itu dikelola oleh PT Tusam Hutani Lestari (THL).

Di lahan PT THL itu sudah ditanami dengan pohon Pinus sejak 1993. Tampak pohon itu terpelihara dengan baik. Tak sedikit pekerja yang menyadap getah dari pohon Pinus untuk diolah oleh PT THL. 

 

Tag: hottest issue

Bagikan: