BPBD Buka Call Center 112 Darurat Banjir

Tim Editor

    Tinggi muka air Bendung Katulampa meningkat. (FOTO: BNPB)

    Jakarta, era.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta membuka layanan call center 112 untuk merespons berbagai hal terkait banjir di Jakarta.

    Pembukaan call center 112 ini jadi bagian dari operasi siaga ibu kota yang digelar oleh BPBD DKI. Lewat call center ini, masyarakat dapat mengakses informasi terkait banjir ibu kota. Lewat call center ini juga, masyarakat dapat berpartisipasi memberi informasi terkait banjir.

    "Yuk, tetap menjadi pembaca yang cerdas dengan tidak menghiraukan dan menyebarluaskan berita-berita HOAX yang sumbernya tidak dapat dipertanggungjawabkan. Apabila membutuhkan Informasi terkini, hubungi Call Center 112. #OperasiSiagaIbukota," tulis BPBD dalam akun Twitter bercentang biru, @BPBDJakarta, Senin (5/2/2018).

    Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dalam keterangan persnya menjelaskan, hingga Senin (5/2) pukul 09.05 WIB, tinggi muka air Bendung Katulampa terpantau capai 240 cm dan dinyatakan Siaga I. 

    "Level Siaga I di Bendung Katulampa jika tinggi muka air Sungai Ciliwung di atas 200 sentimeter," ungkap Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, dalam siaran persnya.

    Banjir diperkirakan akan sampai di Pintu Air Manggarai, Jakarta pada pukul 17.30 WIB. Menurut pantauan era.id, banjir telah merendam sejumlah titik di Jakarta.








    (Banjir di Pejaten Timur (FOTO: Yasir/era.id)


    Di Pejaten Timur misalnya, di mana banjir telah mencapai ketinggian 100 cm atau setinggi dada orang dewasa. Menurut keterangan yang dihimpun di lokasi, banjir di kawasan itu telah merendam 25 kepala keluarga.

    Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memastikan sebanyak 450 pompa air stasioner dan 30 pompa air mobile di Jakarta siap difungsikan untuk menghadapi kiriman air dari hulu. Pompa-pompa tersebut, dikatakan Anies telah ditempatkan di titik-titiw rawan banjir.

    "Lebih dari 450 pompa (stasioner) dalam kondisi siaga. Lebih dari 30 pompa mobile yang siap bergerak kapan saja secara leluasa saat ini," ujar Anies di Balai Kota, Gambir, Jakarta Pusat.


    (Infografis: Yuswandi/era.id)

    Tag: jakarta siaga banjir cuaca ekstrem banjir

    Bagikan :