Beban Bangunan Sebabkan Longsor di Puncak

Tim Editor

Sedang memuat podcast...

Longsor di Puncak, Bogor (FOTO: Istimewa)

Jakarta, era.id - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menemukan unsur kesalahan manusia dalam bencana tanah longsor di Puncak, Bogor, Senin (5/2).

Dalam hasil kajian lingkungan terhadap longsor di Puncak, KLHK menemukan adanya kelebihan beban bangunan di atas tebing di lokasi longsor Masjid At Ta'awun, Grand Hill dan Widuri.

Menurut Direktur Jenderal Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung KLHK, Hilman Nugroho, mengatakan banyaknya perencanaan tata ruang yang tak optimal jadi salah satu penyebab utama longsor.

Selain itu, aktivitas manusia di kawasan Hutan Lindung di atas lokasi, serta minimnya pemahaman soal upaya melestarikan lingkungan jadi penyebab lain, di samping banyaknya pemotongan tebing demi pembangunan infrastruktur yang telah dilakukan sejak zaman penjajahan Belanda.

Faktor lain yang ditemukan KLHK adalah kegagalan struktur dinding tanah. Tak seperti penyebab kelebihan bangunan yang hanya ditemukan di tiga titik longsor, kegagalan struktur bidang tanah ditemukan di lima titik bencana.


(Infografis: era.id)


Faktor Alam

Selain faktor manusia, faktor alam juga jadi penyebab terjadinya longsor di Puncak. Curah hujan yang mengguyur lokasi bencana beberapa waktu sebelum kejadian tergolong tinggi, mencapai 148 hingga 152 milimeter (mm) per hari, dengan durasi hujan 2-3 hari, sedangkan kelerengannya mencapai 15 hingga 25 persen.

Hilman menjelaskan, kejadian longsor di Puncak merupakan tipe translasi dan terjadi di kawasan APL dengan jenis lahan dengan potensial kritis.

"Tipenya adalah translasi, tidak ada rayapan, tidak ada pergetakan blok, rotasi dan lain sebagainya," ucap Hilman.

Dengan struktur kedudukan tanah dan kondisi alam di Puncak, bencana longsor sejatinya merupakan hal yang biasa terjadi. Menurut pendataan yang dilakukan, setiap tahun bencana longsor pasti terjadi di Puncak.

"Biasanya di Puncak hampir setiap tahun terjadi yang namanya longsor, ini tidak istimewa, kemarin agak besar gitu aja," ujar Hilman.












Evakuasi korban longsor di Puncak, Bogor (Foto: Yasir/era.id)

Tag: cuaca ekstrem

Bagikan: