International Women's Day, 4 Penyanyi Inspiratif yang Vokal Suarakan Kesetaraan Gender

Beyonce ([email protected])

ERA.id - Setiap tanggal 8 Maret, seluruh dunia merayakan Hari Perempuan Internasional atau International Women's Day. Untuk tahun 2021 ini, tema perayaan International Women's Day adalah Choose to Challange: Call Out Gender Bias and Inequality.

Tema ini dimaksudkan agar semua wanita di dunia berani untuk berani melawan ketidaksetaraan gender yang dialami selama ini. Tema ini mengajak semua orang untuk saling menghargai orang lain apapun gendernya dan memperlakukan semua orang sama. 

Tak hanya untuk hari ini saja, hal mengenai kesetaraan gender ini harus terus dilakukan setiap orang. Seperti beberapa penyanyi wanita populer di bawah ini yang kerap menyuarakan kesetaraan gender melalui wawancara-wawancara mereka bahkan makna lagu yang mereka nyanyikan. Siapa saja mereka? Yuk, simak langsung ulasannya berikut ini.

1. Alicia Keys

Sudah berkarier selama 24 tahun lebih, Alicia Keys selalu menggunakan musiknya dan kepopulerannya untuk mengajak para wanita untuk berani melawan ketidaksetaraan gender. Tak hanya itu, ia juga mengajak para wanita untuk melakukan penerimaan pada dirinya sendiri dan selalu berpikir postif.

([email protected])

"Kita tahu ketika kita memberdayakan wanita, seluruh komunitas akan berubah," ujar Alicia Keys, dilansir dari Globalcitizens.org.

Lewat lagu-lagunya, Alicia juga banyak mengangkat tema tentang kekuatan seorang perempuan, seperti lagu "Girl on Fire" dan "Superwoman". Pada 2017 lalu, melalui cuitan di Twitternya Alicia juga mengungkapkan bahwa seorang wanita harus dihormati layaknya dewi setiap hari, bukan hanya pada Hari Perempuan Internasional.

"Saya akan membesarkan anak-anak saya untuk memahami bahwa semua wanita harus dihormati seperti dewi tidak hanya di International Women's Day, tetapi setiap harinya," kata Alicia Keys di akun Twitter pribadinya.

2. P!nk

P!nk merupakan salah satu penyanyi dunia yang selalu membuat gerakan untuk membela hak-hak perempuan dan berupaya dalam pemberdayaan perempuan. Salah satu cara dirinya menyuarakan tentang perempuan adalah lewat karya lagunya, seperti lagu berjudul "Stupid Girl". 

([email protected])

Selain lirik lagu menggambarkan feminis, P!nk juga selalu konsisten untuk menolak stereotip gender dengan potongan rambut edgy bak seorang laki-laki. 

"Saya sama sekali tidak menyukai label. Saya yakin bahwa seorang wanita dapat melakukan apa saja," ujar P!nk.

3. Lady Gaga

Penyanyi yang satu ini memang kerap memberikan pendapatnya mengenai wanita, mulai dari penolakan kerasnya terhadap body shaming, hingga mengenai pelecehan seksual terhadap seorang wanita. 

([email protected])

Untuk menyuarakan pendapatnya, Lady Gaga ikut dalam menulis lirik lagu "Till It Happens To You", yang merupakan soundtrack untuk film dokumenter tentang pemerkosaan yang terjadi di universitas-universitas Amerika Serikat. Ia juga mendukung gerakan kesetaraan gender yang harus dilakukan oleh semua orang.

"Kami bukan hanya objek untuk menghibur dunia, kami adalah suara. Kami memiliki pemikiran dan gagasan yang dalam dan kami memiliki untuk berbicara dan didengarkan," kata Lady Gaga.

4. Beyonce

Berbicara mengenai penyanyi wanita yang kerap bicara tentang persamaan gender, tidak lengkap jika tidak mengikutsertakan Beyonce. Beyonce selalu menyuarakan tentang wanita di dalam lagu-lagu hitsnya, seperti "Run The World", "If I Were A Boy", "Grown Woman".

Pada konsernya, Beyonce juga tak jarang menampilkan kata "Feminist" di layar besar. Ia juga turut mengajak orang untuk ikut serta dalam gerakan Women's March in Washington pada 2017 lalu.

Tag: hari perempuan internasional lady gaga Alicia Keys Beyonce kesetaraan gender

Bagikan: