Indonesia-Malaysia Bersatu karena Rendang Crispy

| 04 Apr 2018 11:12
Indonesia-Malaysia Bersatu karena Rendang <i>Crispy</i>
Ilustrasi (era.id)
Jakarta, era.id - Zaleha Kadir Olpin boleh jadi bingung dengan komentar John Torode dan Gregg Wallace pada kompetisi MasterChef Inggris. Pasalnya, Zaleha yang memasak nasi lemak dan ayam rendang mendapat kritik yang tergolong ‘aneh’ dari kedua juri tersebut.

Dilansir dari straitstimes.com, usai mencicipi makanan karya Zaleha, Gregg berkomentar bahwa kulit ayam rendang buatan kontestan asal Malaysia tidak renyah (not crispy). Torode lalu menimpali dan mengatakan bahwa ayam rendang buatan Zalehan adalah suatu ‘kesalahan’.

Akibat insiden ‘ayam rendang’ ini, Zaleha tersingkir dari perempat final ajang MasterChef Inggris. Well, tentu saja peristiwa ini menjadi viral, terutama karena isu rendang yang harus crispy tersebut.

Berbagai hujatan dan kritik langsung berdatangan menanggapi komentar kontroversial Gregg dan Torode. Vicki Treadell, seorang British High Commissioner yang bertugas di Malaysia menulis di akun Twitter miliknya bahwa rendang memang tidak pernah dimasak crispy.

 

Selain Treadell, sejumlah warganet di Indonesia dan Malaysia turut bersatu membahas kontroversi ini. Di Malaysia, muncul laman Facebook bernama ‘Justice for Chicken Rendang’ yang membuat petisi dan menuntut Gregg dan Torode untuk meminta maaf atas komentar mereka soal ayam rendang.

Lebih jauh, dilansir theguardian.com, seorang pengguna Facebook bernama Jin Wee menulis sebuah komentar yang sangat satir di kolom Star, sebuah koran berbasis di Malaysia.

“Sebagai seorang Malaysia, jika saya bisa, saya akan datang ke show dan ‘rendang’ kepala mereka (juri). Sangat tidak beradab, tidak mengetahui varian dari masakan yang ada dan mengklaim diri sebagai Masterchef?”

Tak hanya itu, Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak, turut berkomentar soal masalah ini di Twitter. “Mana ada orang makan rendang ayam 'crispy?' #MalaysianFood” cuitnya di Twitter.

 

Di Indonesia sendiri, berbagai komentar warganet membanjiri akun Twitter kedua juri MasterChef tersebut. Kebanyakan dari mereka mengkritik pernyataan Gregg dan Torode soal rendang crispy seraya mengatakan bahwa rendang adalah makanan khas Indonesia.

Belum kelar isu ayam rendang crispy, Torode malah mencuit bahwa rendang mungkin saja makanan khas Indonesia, dia menyukainya dan sedikit terkejut dengan reaksi warganet. Sayangnya, Torode menambahkan namaste di akhir kicauan yang berarti ‘salam’ dalam Bahasa India/ Hindi.

Sontak saja, insiden ini makin panjang. Banyak warganet menuduh Torode tidak paham perbedaan budaya di negara-negara Asia karena berkicau namaste ketimbang ‘terima kasih’ atau ‘salam’ sebagaimana lazimnya pelafalan Malaysia dan Indonesia.

Nah, makin panjang deh. Minimal, kini Indonesia dan Malaysia bisa ‘bersatu’ membela kedaulatan rendang.

Rekomendasi