Belajar Asik Lewat Startup Pendidikan

Tim Editor

Ilustrasi (era.id)

Jakarta, era.id - Beberapa tahun terakhir, geliat perusahaan rintisan atau startup mulai bergerak. Nah, ternyata ada beberapa startup lokal yang telah ambil bagian dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia melalui media digital lho.

Bahkan, pemerintah tak main-main merintis pengembangan dunia pendidikan melalui basis digital. Adapun anggaran pendidikan besarannya mencapai 20 persen dari APBN, untuk tahun ini saja mencapai Rp441 triliun.

Besarnya peluang disambut pegiat perusahaan rintisan berbasis digital untuk melahirkan startup di bidang pendidikan. Terlebih bimbingan belajar tambahan yang konvensional, jumlahnya makin menjamur.

Berikut ini adalah beberapa startup pendidikan yang telah beroperasi di Tanah Air.

RuangGuru



Mereka menawarkan berbagai layanan di bidang pendidikan. Penggunanya pun sudah mulai banyak, berdasarkan data yang dihimpun, jumlahnya mencapai 6 juta, dengan kategori siswa/siswi SMP dan SMA menjadi pengguna terbanyak.

Beberapa layanan yang mereka tawarkan seperti Digital Bootcamp, RuangBelajar dan RuangKelas. Tidak hanya siswa/siswi sebagai pasar penggunanya, mereka juga memberikan layanan bagi tenaga pengajar yang mereka wadahi di dalam RuangLes. 

Pelayanan ini menghubungkan para peserta didik dengan tenaga pengajar sesuai dengan bidangnya. Berdasarkan data dari berbagai sumber, RuangGuru berhasil menggandeng sekitar 150.000 guru dari layanan RuangLes. 

Baca Juga : Cermin Buram Kekerasan Pendidikan di Indonesia

HarukaEdu

HarukaEdu adalah salah satu platform belajar digital yang bisa digunakan oleh instansi pendidikan. Mereka bahkan sudah menggaet 6 instansi pendidikan seperti, President University, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, ESQ Business School, London School of Public Relations, Universitas Wiraswasta Indonesia dan Institut Teknologi Harapan Bangsa. 

Baca Juga : Beban Tas Sekolah Anak dan Kelainan Tulang Belakang

Berbeda dengan sebelumnya, HarukaEdu lebih menyasar peserta didik di jenjang universitas atau profesional yang ingin mengemban pendidikan setara Strata 1. HarukaEdu menjembatani berbagai penawaran seperti pendidikan formal maupun informal yang meliputi 'technopreneurship' atau kemampuan aplikatif lainnya. 

Soal pengguna, HarukaEdu meng-klaim bahwa mereka sudah berhasil memberikan layanan kepada sekitar 4.000 mahasiswa, capaian ini didapat dari banyaknya minat institusi pendidikan yang bergabung di HarukaEdu, kurang lebih hingga saat ini sudah ada 10 institusi. 

Kunjungi situs HarukaEdu di sini


Squline 

Nah kalau ini adalah situs yang bisa dimanfaatkan untuk belajar bahasa asing. Kerennya, situs ini bisa menghubungkan para siswanya dengan para penutur asli yang berasal dari luar negeri. Saat ini, mereka telah menyediakan kelas untuk belajar Bahasa Inggris, Mandarin, dan Jepang.

Kunjungi situs Squline Di sini

Kelase 



Untuk perusahaan rintisan satu ini menyediakan jasa platform Kelase online untuk sekolah, perusahaan, maupun komunitas. Jadi kelas ini menyajikan learning management system sekaligus jejaring sosial privat instan dengan banyak keunggulan dan fitur sebagai lingkungan belajar dan kolaborasi online.

Beroperasi sejak bulan Maret 2013, saat ini mereka mengklaim telah mempunyai 105.000 pengguna. Kunjungi Kelasi di sini.

Kelase juga akan memiliki banyak manfaat seperti salah satunya  menyimpan serta mengakses semua konten pendidikan baik itu e-book, video pendidikan, dan lainnya. Dalam hal kategori pendidikan Kelase mempunyai bidang yang luas yaitu meliputi pendidikan baik formal (SD, SMP, SMA, SMK, akademi, sekolah tinggi, dan universitas) maupun non-formal (lembaga kursus, bimbingan belajar dan penyelenggara home schooling).

Sukawu


Nah kalau ini situs agregator yang memudahkan kamu untuk mencari berbagai kursus offline, terutama yang berhubungan dengan industri kreatif. Kamu bisa memilih beragam kursus, seperti kelas Photoshop, musik, atau produksi film.

Sukawu juga membuka kelas yang mereka rancang sendiri, dengan topik seputar pemilihan karier dan pengembangan diri. Mereka menawarkan kelas tersebut kepada murid, orang tua, serta guru.

Selain situs-situ perusahaan perintis yang kita share di atas, masih banyak lagi loh startup pendidikan yang telah beroperasi di Indonesia. Para perusahaan ini akan memberikan pengembangan edukasi buat kalian dengan cara yang lebih menarik dan interaktif.

Tag: riwayat pendidikan tri mumpuni era pendidikan

Bagikan: