Seperti ini Kondisi Gereja Pantekosta Saat Dikunjungi Jokowi
Seperti ini Kondisi Gereja Pantekosta Saat Dikunjungi Jokowi

Seperti ini Kondisi Gereja Pantekosta Saat Dikunjungi Jokowi

By Moksa Hutasoit | 13 May 2018 17:17
Surabaya, era.id - Presiden Joko Widodo mengunjungi Gereja Pantekosta Pusat Surabaya untuk melihat lokasi ledakan. Jokowi tertegun melihat kondisi gereja yang porak-poranda.

Bagian depan gereja itu tampak menghitam, Minggu (13/5/2018). Terlihat jelas bekas ledakan yang diduga berasal dari sebuah mobil. Motor-motor yang terparkir di depan gereja juga sudah menjadi bangkai. Belasan atau mungkin puluhan motor tersebut ikut terbakar. 

Sebuah pohon juga tampak meranggas. Tidak ada lagi daun hijau. Yang tersisa hanyalah ranting kering.

Sekitar pukul 14.30 WIB, Jokowi tiba di Surabaya setelah mendengar kabar adanya serangan bom di tiga gereja di kota pahlawan itu. Jokowi membatalkan menghadiri acara pembukaan "workshop" Nasional anggota DPRD PPP se-Indonesia di Ancol dan acara Halaqoh Nasional Hubbul Wathon serta Deklarasi Gerakan Nasional Mubaligh Bela Negara (GN-MBN) Pondok Gede Jakarta.

Bukan cuma ke Gereja Pantekosta Pusat saja. Jokowi juga mengunjungi lokasi bom bunuh diri di Gereja Kristen Indonesia (GKI) di Jalan Diponegoro, Surabaya. Setelah itu barulah Jokowi menuju RS Bhayangkara untuk menjenguk korban-korban yang masih dirawat.

 

Jokowi mengklasifikasi aksi teror ini sebagai perbuatan yang biadab dan di luar batas kemanusiaan. Terlebih pelaku mengikutsertakan anak kecil saat menjalankan aksi bunuh diri.

"Termasuk pelaku yang menggunakan 2 anak 10 tahun yang digunakan untuk pelaku bom bunuh diri," kata Jokowi di RS Bhayangkara.

Di sini, Jokowi menjelaskan kepada media, kalau dia memberi perintah khusus kepada Kapolri. Polisi harus membongkar seluruh sel-sel teroris hingga ke akarnya.

Foto-foto Presiden Jokowi (Biro Pers Kepresidenan)

Rekomendasi
Tutup