Resep Praktis Ramadan: Berbagai Olahan Mi

Tim Editor

Mie Aceh (Foto: Istimewa)

Jakarta, era.id - Olahan mi sering kali dijadikan pilihan untuk sajian berbuka atau sahur. Akan tetapi, resep mi yang itu-itu saja tentunya akan membuat kita bosan.

Nah, inovasi dalam mengolah mi menjadi makanan yang tidak membosankan harus kalian lakukan untuk mewarnai sajian kuliner kamu selama Ramadan. Berikut macam-macam olahan mi pilihan era.id.

1. Mi Lethek

Masyarakat Jogja pasti sudah mengenal olahan mi yang satu ini. Mi Lethek adalah salah satu olahan mi yang diproduksi oleh masyarakat Srandakan, Bantul. Mi tersebut berbahan dasar tepung tapioka dan gaplek.

Jangan lihat penampilan sajiannya, kalian mungkin akan pesimis di awal. Akan tetapi, rasa dari mi Lethek sangatlah spesial. Kurang menariknya sajian mi Lethek sendiri sedari awal telah terlihat dari arti kata "lethek" yaitu kotor atau tidak bersih.

Mi Lethek juga mampu dibuat menjadi sajian rebus atau goreng. Mi Lethek dimasak dalam sebuah tungku berbahan bakar arang batok kelapa. Resep dari mi Lethek antara lain bawang putih, kemiri, merica, garam, sebutir telur, suwiran ayam, serta berbagai sayuran.

 (Foto: Istimewa)

2. Mie Glosor

Di berbagai daerah di Indonesia, khususnya di Bogor, salah satu olahan mi populer yang sering disajikan hidangan saat bulan puasa adalah mi Golosor.

Bahan dasar mi Golosor adalah tepung sagu atau aci, beda dengan mi pada biasanya yang dibuat dari tepung terigu. Sedangkan bumbu dari mi Glosor antara lain bawang merah, bawang putih, kemiri sangrai, merica, garam, kol, sayur caisim, dan bawang goreng.

Cara memasaknya yakni dengan menghaluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, dan merica; rebus mie goloso; tumis bumbu sampai wangi; masukkan sayur dan aduk rata, tambahkan garam; sajikan dengan taburan bawang goreng.


(Foto: Istimewa)

3. Mi Aceh

Berbicara soal kuliner yang terbuat dari olahan terigu atau sagu ini, mi Aceh wajib untuk dimasukkan. Ketenaran kuliner yang satu ini jangan ditanya lagi. Berbagai restoran di Indonesia bahkan membuat mi Aceh sebagai andalan sajiannya. Pada bulan Ramadan ini mi Aceh cocok sebagai variasi makanan berbuka puasa, tanpa harus menikmatinya di restoran.

Mi Aceh dikenal bercita rasa pedas dan kaya akan rempah. Berikut adalah cara membuat mi aceh, bahan: tepung terigu, tepung tapioka, telur ayam, minyak bawang, garam halus dan air. Aduk rata tepung terigu dan tepung tapioka dan sajikan menjadi mi melalui mesin pengaduk bahan mi, tunggu hingga menjadi mi yang siap untuk di proses. Campurkan semua bahan selain tepuk dan tumis.

 (Foto: Istimewa)

4. Bakmi Jogja

Bakmi Jogja adalah makanan terkenal yang telah menjadi banyak destinasi masyarakat yang penyuka mi. Pada saat berbuka puasa nanti, tak ada salahnya untuk mencoba menu Bakmi Jogja yang telah terjamin kelezatannya.

Pada dasarnya, bakmi memiliki dua bentu, pertama yaitu digodod (direbu) dan digoreng. Keduanya punya rasa yang sama, hanya masalah selera dari penikmat. Bahan-bahan dari bakmi sendiri antara lain mi, daging ayam, kaldu ayam, telur itik, bawang goreng, kecap manus, dan daun kol.

Sederhana, kalian hanya tinggal untuk menumis semua bumbu, mengaduk daging dan menambahkan mi beserta kol daun bawang.


(Foto: Istimewa)

Tag: eramadan kuliner ramadan

Bagikan: