Prediksi Tren Kecantikan dan Ketampanan 2023 Berdasarkan Survei, Pria Berkumis Lebat Bakal Jadi Idaman

| 08 Dec 2022 09:30
Prediksi Tren Kecantikan dan Ketampanan 2023 Berdasarkan Survei, Pria Berkumis Lebat Bakal Jadi Idaman
Ilustrasi pasangan (Foto: Freepik/fxquadro)

ERA.id - Memasuki akhir tahun 2023, akan banyak perubahan, termasuk perubahan tren perawatan bagi laki-laki maupun perempuan. Kali ini, ZAP kembali meluncurkan ZAP Beauty Index 2023, sebuah survei tahunan yang memotret perilaku wanita Indonesia mengenai dunia kecantikan.

Tahun ini, ZAP Beauty Index melibatkan sekitar 9.000 responden wanita, meningkat 3.000 dari pelaksanaan di 2021, berusia 15-65 tahun di seluruh Indonesia.

Survei membuktikan bahwa pria akan sengaja melebatkan kumis ditahun 2023. Sebab, kumis akan menjadi tren 2023. Kenyataannya, wanita mengidamkan pria yang wajahnya mulus, tanpa kumis serta janggut.

Sebanyak 95,1 persen, wanita mengapresiasi para pria yang menggunakan skincare secara rutin. Dengan persentase 82,9 persen, wanita setuju bahwa penting bagi pria melakukan perawatan kulit di klinik. 

"Cowok berkumis jadi tren lagi. Pria berkumis dan berjanggut menjadi kriteria idaman utama wanita Indonesia," kata Yosanoya Savitry, Chief Operating Officer MarkPlus Institute, saat ditemui di acara ZAP Beauty Index 2023, di Hotel Ashley Tanah Abang, Jl. KH. Wahid Hasyim, Tanah Abang, Jakarta pada Rabu (7/12/2022).

Tak hanya pria, wanita akan mengalami perubahan tren di tahun 2023. Nantinya, wanita akan rutin teeth whitening. Alasan utama para wanita tak percaya diri karena giginya yang dinilai tak rapih dan putih.

ZAP Beauty Index 2023 (Foto: Era.id/Adelia Hutasoit)
ZAP Beauty Index 2023 (Foto: Era.id/Adelia Hutasoit)

"Apa yang membuat wanita insecure? Nggak percaya diri? Merasa takut ketemu orang? Ternyata dari seluruh wajah, apa yang sedang tren? Gigi," kata Yosanoya.

"Mungkin karena pakai masker terus, gigi jadi nggak kelihatan. Jadi, ketika kelihatan aduh gigi gimana ya," lanjutnya.

Selain teeth whitening, wanita juga akan memakai behel agar giginya terlihat rapih. Ia mencontohkan kejadian ini sama seperti kehidupan artis luar negeri.

"Gigi bikin wanita insecure. Bahkan, behel segala macam, whitening buat gigi happening banget," tuturnya.

"Coba lihat artis-artis luar negeri, mukanya biasa aja tapi giginya kinclong. Sekarang gitu juga, muka nggak apa-apa, tapi gigi kinclong," tambahnya.

Selain gigi, wanita tak percaya diri karena memiliki wajah yang kusam. Bagi wanita, wajah kusam membuat tak percaya diri dan terkesan dekil serta tak terawat. Makanya, banyak wanita rajin membeli skincare hingga melakukan treatment di klinik kecantikan.

"Selain itu, kusam bisa disembuhkan dengan senyum saja. Jadi, burik dan kusam menjadi masalah setiap wanita." lanjutnya.

Rekomendasi