Momen John Shepherd-Barron Temukan Mesin ATM dan Revolusi Perbankan Dimulai

Tim Editor

Cabang Bank Barclays di Enfield, lokasi penempatan mesin anjungan tunai mandiri (ATM) pertama di dunia. (Foto: Wikimedia Commons)

ERA.id - Penemuan mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) tak bisa dilepaskan dari pengalaman pria bernama John Shepherd-Barron. Jika saja pria asal Skotlandia ini tidak terlambat datang ke bank, di pertengahan 1960an, mungkin mesin ATM tak pernah ada hingga kini.

Telat Datang ke Bank

John Shepherd-Barron lahir 23 Juni 1925 di India, dari orang tua keturunan Skotlandia. Dia sempat bekerja untuk De La Rue Instruments, yang mencetak dan menyediakan kertas untuk banyak mata uang di dunia.

Ide menciptakan mesin ATM muncul ketika ia mau mencairkan cek rekeningnya. Ketika itu, ia tidak bisa mencairkan cek di cabang bank lokal lantaran ia baru sampai di bank setelah tempat tersebut tutup. Akibatnya, ia malah harus repot meminta bank lokal lain untuk mencairkan ceknya.

"Malam itu saya mulai berpikir bahwa pasti ada cara yang lebih baik untuk mengambil uang tunai di saat saya membutuhkannya," sebut Shepherd-Barron kepada BBC, di tengah ulang tahun ke-40 mesin temuannya itu.

"Saya memikirkan mesin penjual cokelat, di mana uang dimasukkan dan sebatang cokelat diberikan. Tentu uang dapat dibagikan dengan cara yang sama."

Dan ia pun mewujudkan mesin ATM impiannya itu. Sistem mesin ini mengadopsi apa yang dipikirkan oleh para bankir, yaitu bahwa mesin penarikan uang tunai lebih bekerja sebagai mesin pemrosesan informasi, dan bukan pemindahan uang.

John Shepherd-Barron
John Shepherd-Barron, OBE (1925-2010), adalah penemu mesin anjungan tunai mandiri (ATM). (Foto: Reuters)

ATM pertama di dunia ditempatkan di jalan raya Enfield, pinggiran kota London, di sebuah cabang Bank Barclays. Hingga kini masih ada plakat biru di luar gedung Barclays untuk mengenang debut mesin ATM, pada 27 Juni 1967.

Tiba di Amerika Serikat di era 1970an, pelanggan layanan perbankan dapat menggunakan cek khusus, dan nomor identifikasi pribadi, untuk menarik uang tunai maksimum 14 dolar AS per transaksi dari rekening mereka sendiri.

Mesin-mesin ATM pun langsung sukses. Saat ini ada lebih dari 1,7 juta ATm di seluruh dunia, menurut Asosiasi Industri ATM.

 

Pengguna mesin ATM tahun 1970
Seorang wanita menggunakan mesin ATM versi awal dari Surety National Bank, tahun 1970. (Foto: Bettmann/CORBIS)

Atas jasanya kepada industri perbankan, sebagai penemu mesin ATM pertama, Shepherd-Barron pun dianugerahi gelar 'Order of the British Empire' (OBE) oleh Kerajaan Inggris, pada tahun 2005.

Uang Tunai Bakal Ditinggalkan

Seiring berjalannya waktu, ATM telah menjadi bagian hidup masyarakat. Alih-alih harus antre di teller bank, kini tiap nasabah bisa ambil uang hanya dengan menggesek kartu debit atau kredit mereka di mesin ATM.

Namun, bagi si penemu ATM sendiri, mesin buatannya itu pada saatnya tidak akan digunakan lagi.

Di sebuah wawancara pada 2007, Shepherd-Barron memperkirakan bahwa uang tunai tidak akan dipakai lagi dalam waktu tiga hingga lima tahun. Pelanggan bank, menurut dia, juga bakal memindai ponsel mereka di kasir untuk membayar suatu barang.

Hal ini seakan terkonfirmasi dengan makin populernya transaksi non-tunai. Seseorang bisa membeli minuman di minimarket, atau menggunakan layanan ojek, tanpa harus membuka dompet dan mengulurkan uang tunai pada penyedia layanan.

Jiwa penemu Shepherd-Barron ternyata tidak berhenti saat mesin ATM menjadi fenomena global. Pada 2008, di usia 82 tahun, ia menemukan mesin peniru suara paus pembunuh untuk menakut-nakuti anjing laut yang suka merampok peternakan salmonnya. Namun, sebut Shepherd-Barron, tidak seperti mesin ATM tunai, mesin peniru suara paus itu tidak bekerja dengan baik.

John Shepherd Barron, si pria Skotlandia yang berjasa menciptakan mesin anjungan tunai mandiri pada tahun 1960an, meninggal pada 15 Mei 2010 di usia 84 tahun. Saat wafatnya, ia meninggalkan istrinya, Caroline, putra mereka Nicholas, James, dan Andrew, bersama enam cucu.

Dan tentu saja ia meninggalkan penemuan mesin ATM yang berjasa memudahkan kehidupan masyarakat modern saat ini.

Tag: atm teknologi informasi teknologi perbankan

Bagikan: