Sosok Wali Kota Bandung Mang Oded M Danial yang Meninggal Dunia Hari Ini: Politikus Rajin Dakwah 'Jumat Keliling'

| 10 Dec 2021 13:27
Sosok Wali Kota Bandung Mang Oded M Danial yang Meninggal Dunia Hari Ini: Politikus Rajin Dakwah 'Jumat Keliling'
Wali Kota Bandung, Oded M Danial (Anda Mahardhika/era.id)

ERA.id - Wali Kota Bandung Oded M Danial atau yang akrab disapa Mang Oded meninggal dunia hari ini, Jumat (10/12/2021). Selain dikenal sebagai politisi, Oded juga dikenal aktif berdakwah.

Dikutip dari laman Humas Pemkot Bandung, Oded M Danial lahir di Tasikmalaya pada 15 November 1962. Mang Oded menghabiskan masa kecil hingga remaja di kota itu.

Lahir di keluarga santri, Oded Muhammad Danial sangat akrab dengan dunia dakwah. Meskipun telah menjadi Wali Kota Bandung, namun pria yang akrab disapa Mang Oded ini, tidak melepaskan dunia dakwah.

Salah satu kegiatan dakwah yang tetap dilakukannya sampai saat ini adalah, menjadi imam salat Jumat di masjid-masjid yang ada di Kota Bandung. Program oleh Mang Oded diberi nama “Jumling” tersebut, telah dilakukannya sejak ia dilantik menjadi wakil wali kota

“Jumling itu singkatan dari Jumat Keliling, jadi setiap hari Jumat saya keliling ke masjid-masjid untuk menjadi imam sekaligus memberi tausyiah,” kata pria kelahiran Tasikmalaya pada 15 Oktober 1962 silam.

Jumling menjadi salah satu cara Mang Oded menyampaikan informasi dan menerima aspirasi serta koreksi dari warga Kota Bandung. Setiap selesai salat Jumat, ada acara yang namanya ngabandungan. Pada kesempatan inilah Mang Oded menyampaikan informasi terkait pembangunan di Kota Bandung serta kebijakan-kebijakan Pemkot Bandung.

Dari obrolan santai itu, Mang Oded menerima beragam informasi, aspirasi, serta kritik dari warga. “Informasi, aspirasi, dan kritik yang kami terima, sebisa mungkin dicarikan solusinya saat itu juga, karena biasanya saya membawa perwakilan dari SKPD. Tapi kalaupun tidak bisa langsung, kita catat untuk kemudian dicarikan solusinya kemudian,” paparnya.

Mang Oded menyadari jika basicnya sebagai ustaz dan mubalig tak bisa dilepaskan dari sosoknya. Semenjak di bangku sekolah menengah pertama, Mang Oded sudah terjun ke dalam dunia dakwah. Berceramah dari satu kampung ke kampung lainnya sambil aktif di organisasi pelajar.

Bagi Mang Oded, pengabdian di jalur dakwah menjadi saluran yang paling tepat untuk idealisme hidupnya. Salah satu kegiatan dakwah yang diterapkan Oded saat menjabat wakil wali kota adalah “Dakwah on The Bus”, yakni program pemberian siraman rohani di dalam bus. Program ini bekerja sama dengan Damri Kota Bandung dan diresmikan pada 22 Januari 2017.

Komitmennya terhadap dakwah Islam juga dicurahkan di blog pribadinya yang memuat cerita-cerita teladan untuk keluarga. Menurut Oded, berdakwah haruslah dimulai dari lingkungan keluarga karena keluarga merupakan fondasi pertahanan pertama untuk anak-anak dalam membatasi dari bahaya perkembangan zaman.

“Keberhasilan menjadi pemimpin dalam keluarga pada hakikatnya adalah kunci pembuka keberhasilan Mang Oded dalam melaksanakan amanah yang diembannya. ‘Rumahku Surgaku’ menjadi filosofi ketahanan keluarga. Dari situ muncul sosok pejabat publik yang nyunda, nyantri, dan nyantika,” kata ayah dari tujuh orang anak ini.

Selamat Jalan Mang Oded..

Rekomendasi