Gubernur Sulsel Sudirman Sulaiman Terus Dorong Pembangunan di Tana Toraja

| 01 Sep 2022 13:17
Gubernur Sulsel Sudirman Sulaiman Terus Dorong Pembangunan di Tana Toraja
Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman menyapa warga dengan mengangkat tangannya saat menyambangi Kabupaten Tana Toraja.

ERA.id - Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman terus mendorong pembangunan khususnya di Kabupaten Tana Toraja.

Andi Sudirman Sulaiman pada Rapat Paripurna 65 tahun Kabupaten Tana Toraja yang dirangkaikan 775 Tahun Toraja di Bandara Pongtiku, Rabu (31/8/2022), mengatakan total alokasi anggaran Pemprov Sulsel di daerah itu telah mencapai sekitar Rp290 miliar.

Ia menjelaskan, dalam mendukung kemudahan mobilitas masyarakat, Pemprov Sulsel melakukan penanganan sejumlah infrastruktur secara bertahap.

"Di antaranya Ruas Jalan Mebali Kuto yang tahun ini direncanakan dikerjakan sepanjang 6 km; di ruas Pasobbo-Matangli-Massupu-Batas Pinrang yang tahun ini menjadi fokus untuk dilanjutkan penanganannya, mendukung kawasan Simbuang-Mappak," jelasnya.

"Sementara di Ruas Batupapan-Bandara Pongtiku-Batas Toraja Utara telah kita tuntaskan sepanjang 9,1 km. Dan Alhamdulillah sudah dinikmati masyarakat," sambung Andi Sudirman.

Pada tahun 2022 ini pula, Pemprov Sulsel akan membangun Jembatan Talondo di ruas Kotu-Mebali.

Dalam mendorong upaya pemulihan di sektor wisata, tahun ini Gubernur Sulsel juga mengalokasikan bantuan keuangan senilai Rp22,5 miliar untuk Tana Toraja.

"Yang diperuntukkan untuk mendukung akses menuju kawasan Wisata Ollon yang memiliki panorama alam yang indah. Serta untuk subsidi tiket pesawat dari Toraja-Balikpapan di Provinsi Kalimantan Timur," jelasnya.

Terlebih hadirnya Bandara Buntu Kunik yang telah dibangun atas sinergi bersama Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Kabupaten Tana Toraja mendukung akses wisatawan.

"Di mana sebelumnya, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mendukung dengan pembangunan jalan akses Bandara Buntu Kunik melalui bantuan keuangan," ujarnya.

Lanjut Andi Sudirman, bahwa alokasi itu juga terdiri dari bantuan sektor pertanian, hibah rumah ibadah, dan sektor lainnya.

"Enam puluh lima Tahun Kabupaten Tana Toraja, kita berharap dengan semangat bergerak maju bersama dalam mewujudkan Tana Toraja bangkit, produktif dan tangguh," pintanya.

Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung mengapresiasi dukungan dan bantuan Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman di Tana Toraja.

Rekomendasi