Kereta Api di Sulsel Tawarkan Pemandangan Alam yang Indah, Tertarik Menjadi Penumpang?

| 30 Oct 2022 09:14
Kereta Api di Sulsel Tawarkan Pemandangan Alam yang Indah, Tertarik Menjadi Penumpang?
Kereta Api di Sulawesi Selatan.

ERA.id - Kereta Api Makassar-Parepare dengan rute Stasiun Garongkong di Kabupaten Barru menuju Stasiun Mangilu di Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan, mulai dibuka secara umum.

Hal itu diungkapkan oleh Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman usai mengikuti  pengoperasian terbatas kereta api Makassar-Parepare perintis Andalan Celebes Lintas Garongkong-Mangilu, sepanjang 66 km, dengan melintasi 7 stasiun, Sabtu (29/10/2022).

"Alhamdulillah, akhirnya Sulsel sudah punya kereta api. Dan kini sudah bisa dinikmati oleh masyarakat," ungkapnya.

"Dengan dimulainya pengoperasian terbatas ini, kereta api perintis Andalan Celebes Lintas Garongkong (Barru)-Mangilu (Pangkep) ini akan melayani masyarakat Sulsel secara gratis hingga akhir Desember 2022," jelasnya.

Ia pun mengaku, bahwa pelaksanaan pengoperasian ini terbatas mengingat jalur lainnya masih dalam tahap pengerjaan hingga mencapai rute Makassar-Parepare.

"Kita harap segera tuntas jalur Makassar ke Parepare segera rampung," ujarnya.

Dirinya berharap, dengan hadirnya kereta api ini, akan memudahkan mobilitas masyarakat Sulsel. "Tentu akan memberikan manfaat bagi masyarakat kami, dengan hadirnya transportasi kereta api ini, untuk bisa mengangkut orang dan barang," jelasnya.

Dalam pengoperasian terbatas, Kereta Api Andalan Celebes ini melalui 7 stasiun yakni: Stasiun Garongkong-Stasiun Barru (4,7 Km); Stasiun Barru-Stasiun Tanete Rilau (9 Km); Stasiun Tanete Rilau-Stasiun Mandalle (12,7 Km); Stasiun Mandalle-Stasiun Ma'rang (7,8 Km); Stasiun Ma'rang-Stasiun Labakkang (9 Km); dan Stasiun Labakkang-Stasiun Mangilu (8,8 Km).

Serta melewati 7 Objek wisata di Kabupaten Barru dan Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep).

Jalur ini melewati 4 wisata alam di Kabupaten Barru, yakni wisata Alam Anjungan Sumpang Binangae; Wisata Alam Pantai Ujung Batu; Wisata Alam Pantai Laguna; Wisata Alam Lappa Launa.

Serta 3 wisata alam di Kabupaten Pangkep, yakni Wisata Alam Sorongan; Wisata Alam Telaga Biru Segeri dan Wisata Alam Hutan Mangrove Dewi Biring Kasih.

Sementara Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) turut melakukan uji coba pengoperasian terbatas jalur kereta api (KA) Makassar-Parepare di Sulawesi Selatan, mulai Sabtu (29/10).

"Masyarakat Kabupaten Barru dan Kabupaten Pangkep kini sudah dapat mencoba kereta api pertama di Sulawesi secara gratis selama masa uji coba pengoperasian terbatas," kata Plt Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulmafendi, Minggu (30/10/2022).

Ia mengatakan, selama masa uji coba pengoperasian terbatas, KA Andalan Celebes dapat ditumpangi masyarakat untuk lintas Stasiun Garongkong hingga Stasiun Mangilu.

Sementara lintas sebaliknya Stasiun Mangilu menuju Stasiun Garongkong akan dilayani oleh KA Lontara.

Lebih lanjut Zulmafendi menyebutkan bahwa jalur KA kebanggaan Bumi Celebes ini merupakan salah satu jalur KA di Indonesia yang menggunakan lebar jalur rel standar (standard gauge) dengan lebar 1435 mm.

“Dengan lebar jalur tersebut, kereta api di Sulawesi ini akan mampu melesat lebih cepat dan lebih nyaman, daripada kereta api di Pulau Jawa,” ujarnya.

Di samping itu, Zulmafendi juga menyebutkan bahwa jalur KA ini memiliki potensi wisata yang sangat tinggi. Menurut dia, pemandangan indah di sepanjang jalur akan menjadi daya tarik wisata tersendiri.

Ia mengungkapkan, DJKA juga akan segera mengoperasikan Stasiun Rammang-Rammang yang sangat dekat dengan obyek wisata Geopark Rammang-Rammang, sehingga diharapkan kehadiran jalur KA ini dapat meningkatkan wisatawan di Sulawesi Selatan.

Di tahap awal uji coba pengoperasian terbatas, sepanjang 66 km jalur KA akan dilalui oleh kereta yang dapat diakses masyarakat melalui 7 stasiun.

Tujuh stasiun tersebut mencakup Stasiun Garongkong, Stasiun Barru, Stasiun Tanete Rilau, Stasiun Mandalle, Stasiun Ma’rang, Stasiun Labakkang, dan Stasiun Mangilu.

Zulmafendi menuturkan bahwa selama uji coba pengoperasian terbatas ini, masyarakat yang ingin mencoba naik KA Andalan Celebes maupun KA Lontara dapat langsung menuju stasiun-stasiun tersebut.

Sebagai informasi, uji coba operasi KA Andalan Celebes dan KA Lontara akan dilakukan masing-masing satu kali setiap hari dan berangkat pukul 10.18 WITA dari Stasiun Garongkong dan pukul 16.05 WITA dari Stasiun Mangilu.

Agar dapat mengikuti kegiatan uji coba terbatas, calon penumpang diharapkan dapat melaporkan data diri kepada petugas stasiun berupa nama, alamat, nomor telepon, dan kesan/pesan selama mengikuti kegiatan uji coba operasi.

“Semoga masyarakat dapat mencoba dan mengenal moda transportasi kereta api ini sehingga dapat menjadi kebanggaan warga Sulawesi,” tutup Zulmafendi.

Rekomendasi