Ketua Demokrat Sumbar Capek Ditanyai Kapan Anies-AHY Deklarasi

| 05 Dec 2022 09:17
Ketua Demokrat Sumbar Capek Ditanyai Kapan Anies-AHY Deklarasi
Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat menyambangi rumah Anies di wilayah Lebak Bulus.

ERA.id - Beberapa pengurus Partai Demokrat Sumatera Barat bersama pengurus Partai NasDem Sumbar dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS), ngumpul bareng bakal calon Presiden RI Anies Baswedan di Hotel Truntum, Padang, Minggu kemarin.

Ketua DPD Demokrat Sumbar Mulyadi mengatakan pertemuan itu sebatas menjalin komunikasi dan pembicaraan terkait koalisi pada Pilpres 2024. Apalagi di tingkat pusat, lanjutnya, Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) digadang-gadangkan bakal bersanding dengan Anies sebagai bakal calon Wapres.

Katanya, kader di Sumbar bahkan tingkat nasional memang berharap dua tokoh ini berduet. “Saya juga capek menjawab pertanyaan masyarakat. Kapan mereka (Anies-AHY) mendeklarasikan,” katanya didampingi kader Demokrat yang juga Wakil Ketua DPRD Sumbar Suwirpen Suib.

Dia juga menyampaikan dalam pertemuan tersebut, momentum yang paling tepat untuk deklarasi pasangan Anies dan AHY ini pada Januari. Ini momentum yang paling bagus. "Jangan terlalu lama, jangan terlalu cepat. Apalagi komunikasi sudah terjalin,” katanya.

Meski begitu, Mulyadi menyampaikan ini tetap tergantung pada koalisi partai. Menurutnya kunci deklarasi adalah kesepakatan tiga partai, Nasdem, Demokrat, dan PKS.

Mulyadi menyampaikan jika memang terwujud pasangan Anies-AHY ini, dirinya menyebut pasti ada efeknya pada Pileg. Apalagi contoh nyata sudah terjadi di Sumbar pada pemilu 2019.

Meski Capres Prabowo kalah, namun di Sumbar perolehan suara Gerindra di Sumbar banyak. “Tentu ini akan berpengaruh pada suara Demokrat. Ada efek positifnya pada partai pengusung capres-cawapres mendatang,” katanya.

Rekomendasi