Pelecehan Seksual Terjadi di Kawah Ratu Gunung Salak, TNGHS Beri Klarifikasi

| 24 Jan 2023 21:32
Pelecehan Seksual Terjadi di Kawah Ratu Gunung Salak, TNGHS Beri Klarifikasi
ILUSTRASI: Pelecehan seksual (Antara)

ERA.id - Perbuatan sexual harassment atau tindakan pelecehan yang dilakukan di belakang layar melalui layanan jejaring sosial, terjadi di lokasi wisata Kawah Ratu Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), Kabupaten Bogor.

Kejadian itu diunggah akun Instagram @mountnesia. Dalam unggahan akun tersebut memuat cerita yang dialami oleh salah satu pengunjung perempuan.

Terlihat, beberapa slide foto berisikan kronologi perbuatan tidak menyenangkan oleh perempuan tersebut yang dilakukan seorang pria di lokasi Kawah Ratu. Dinarasikan, pria itu mengambil foto secara diam-diam bagian tubuhnya pada 22 Januari 2023.

Parahnya, foto-foto yang diambil pelaku dikabarkan juga disebarkan ke dalam grup WhatsApp.

"Hati-hati pelaku kejahatan s*ksual," tulis keterangan akun @mountnesia.

Kepala Resort II TNGHS, Sukiman, membenarkan adanya kejadian tersebut. Kata dia kasusnya sudah dimediasi dan berakhri dengan damai.

Namun Sukiman menegaskan bahwa pelaku bukan petugas taman nasional tetapi masyarakat setempat yang membantu mengelola.

"Di postingan medsos itu petugas taman nasional, padahal itu bukan. Itu masyarakat setempat yang memang sebagai pengelola objek wisata. Jadi belum lengkap pemberitaan (medsos) itu, identitas pelaku di medsos itu petugas TNGHS padahal mereka masyarakat yang di bawah izin jasa wisata sebagai pengelola objek," kata Sukiman kepada wartawan.

Kata dia, pelaku memang mengakui perbuatannya telah mengambil foto korban secara diam-diam. Sehingga, korban tidak terima dan merasa dilecehkan.

"Sebenernya cuma baru foto, soalnya versi korban difoto. Korban juga pake pakaian, cuma karena tanpa sepengetahuannya, mungkin sodara atau cowoknya gak terima karena gak minta izin. (Aksi) fotonya kegep," beber Sukiman.

Setelah kejadian tersebut, pihaknya langsung memediasi antara pelaku dengan korban hingga akhirnya berdamai. Padahal, kata dia, pelaku juga sempat mengalami dugaan aksi pengeroyokan dan pengerusakan motor oleh pihak korban.

"Padahal sebenernya kalau memang (berlanjut) panjang, karena bukan cuma korban yang dirugikan, pelaku juga dirugikan karena ada (dugaan) pengeroyokan, pemukulan, perusakan kendaraan tapi kita udahlah kita mediasi aja," ungkapnya.

Dalam kejadian ini, TNGHS menjatuhkan sanksi pemutusan mitra dengan pelaku. Diharapkan, kejadian ini tidak terulang dan menjadi pembelajaran bagi lokasi wisata khususnya di kawasan TNGHS.

"Kita udah sampaikan, kita lakukan pembinaan, termasuk dulu ada pemberitaan tenda bergoyang di lokasi kita, kita lakukan pembinaan juga ke pengelola. Sekarang ada kejadian lagi, ya kita lakukan upaya-upaya, walaupun upaya dan pembinaan arahan kita kepada pengelola sering kita sampaikan," tandasnya.

Rekomendasi