Kalimantan Heboh, Anggaran Dinas Perikanan untuk Beli Ikan Arwana Diduga Dikorupsi

| 10 Feb 2021 17:14
Kalimantan Heboh, Anggaran Dinas Perikanan untuk Beli Ikan Arwana Diduga Dikorupsi
Ilustrasi arwana super merah pada suatu pameran (Antara)

ERA.id - Satuan Reskrim Polres Kapuas Hulu di Kalimantan Barat sedang menyelidiki dugaan korupsi penyimpangan pengadaan ikan arwana yang menggunakan APBD Kapuas Hulu tahun anggaran 2020.

"Untuk saat ini sudah ada belasan perusahaan kami periksa dan kami dalami serta pengumpulan keterangan saksi-saksi," kata Kepala Satuan Reskrim Polres Kapuas Hulu, AKP Rando di Putussibau, Kabupaten Kapuas Hulu, Rabu (10/2/2021).

Ia menyatakan, persoalan itu masih tahap penyelidikan atas dugaan penyimpangan dari pengadaan ikan arwana (Scleropages formosus) yang diperuntukan ke sejumlah kelompok masyarakat. Kapuas Hulu sejak lama dikenal sebagai salah satu kawasan di mana habitat alami ikan arwana berada, terkhusus arwana merah yang tersohor itu.

 Menurut dia, dalam proses pengadaan ikan arwana itu diduga ada penyimpangan dari anggaran yang disediakan dinas terkait harga pengadaan ikan yang tidak sesuai.

"Indikasinya dugaan penggelapan dana itu, tetapi untuk lebih jelas setelah kami lakukan pemeriksaan dan pengumpulan keterangan saksi-saksi, persoalan itu baru tahap penyelidikan," kata dia.

Berdasarkan data yang diperoleh, pengadaan ikan arwana kurang lebih sebesar Rp4,5 miliar lebih dari Dana Alokasi Umum tahun anggaran 2020 dengan pelaksanaan 51 paket pengadaan.

Terkait dugaan korupsi pengadaan ikan arwana itu, kepala Dinas Perikanan Kapuas Hulu belum bisa dimintai keterangan. Seorang petugas di dinas itu yang ditemui, Rabu, menyatakan atasannya tidak ada di tempat.

Rekomendasi