Viral Foto Gibran Duduk di Atas Meja Depan Menteri Basuki, Begini Faktanya

| 29 Mar 2021 16:14
Viral Foto Gibran Duduk di Atas Meja Depan Menteri Basuki, Begini Faktanya
Gibran Rakabuming Raka (Amalia Putri/era.id)

ERA.id - Sebuah foto viral yang memperlihatkan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, duduk di atas meja di depan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono yang duduk di bawahnya.

Gibran bahkan disebut tak beradab karena memposisikan duduk lebih tinggi dibandingkan Basuki. Bagaimana faktanya?

Dalam foto dan video yang viral, terlihat Gibran duduk di level yang lebih atas dibandingkan Basuki dan seniman Sardono W Kusumo. Saat itu mereka tengah berada di MasDon Art Center milik Sardono.

Foto tersebut diambil pada Sabtu (27/3) kemarin di sela kunjungan Basuki ke Solo untuk meninjau Taman Balekambang.

Saat dikonfirmasi, Gibran mengatakan bahwa yang dia duduki bukanlah meja, melainkan kursi. Kursi itu terkesan lebih tinggi karena memang didesain seperti tribun.

”Itu bukan meja, tapi kursi yang berundak gitu lho. Kaya tribun gitu,” katanya saat dikonfirmasi Senin (29/3/2021).

Gibran menjelaskan lebih lanjut bahwa dirinya semula tidak ingin duduk di tempat itu. Namun kemudian Menteri basuki yang memintanya duduk di sana supaya duduknya bisa berhadapan.

”Diminta Pak Basuki (duduk di sana). Biar kelihatan mubeng (melingkar),” katanya.

Dalam video tersebut juga terlihat seniman Sardono W Kusumo. Saat itu mereka tengah mengunjungi MasDon Art Center yang merupakan bangunan milik Sardono. Sardono sendiri duduk di kursi samping Gibran yang lebih rendah dan berhadapan dengan Basuki.

Saat dikonfirmasi terpisah, Sardono sendiri mengatakan bahwa yang diduduki Gibran bukan meja. Benda itu merupakan kursi tempat duduk penonton saat acara pertunjukan seni berlangsung. ”Kalau tempat duduk yang dibawah biasanya malah dipakai tamu undangan,” katanya.

Sardono juga membenarkan jika Gibran diminta Basuki untuk duduk di tempat yang lebih atas. 

”Awalnya Mas Gibran itu duduk di samping Pak Basuki. Kemudian sama Pak Basuki diminta duduk di atas karena kita sedang diskusi,” katanya.

Rekomendasi