Mereka Bakal Menjadi Wakil Gubernur Sulsel Menemani Sudirman, Siapa yang Terpilih?

| 21 Dec 2021 09:21
Mereka Bakal Menjadi Wakil Gubernur Sulsel Menemani Sudirman, Siapa yang Terpilih?
Plt. Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman melantik pejabat di Luwu Timur (Dok. Pemprov Sulsel)

ERA.id - Usai Nurdin Abdullah dipenjara, tiga partai pengusungnya pada Pilgub Sulsel lalu, kini mencari pengganti Andi Sudirman Sulaiman yang akan meninggalkan posisi Wakil Gubernur Sulsel demi menjadi gubernur defenitif.

Partai tersebut yakni Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

"Dalam waktu dekat ini dibicarakan, tapi sudah ada nama-nama yang beredar, " kata Wakil Ketua DPW PAN Sulsel, Irfan AB, Senin (20/12/2021) kemarin.

Sewaktu ditanyakan apakah dia siap maju jika didorong oleh partainya? Irfan mengaku siap.

"Kita harus siap kalau ditugaskan partai, jadi tidak ada alasan untuk tidak siap," ujar Ketua Badan Kehormatan DPRD Sulsel ini.

Meski namanya sudah beredar bakal mendampingin Sudirman, namun Irfan ogah melangkahi keputusan partai, sebab rapat pleno belum digelar.

Adapun Ketua DPW PAN Sulsel, Ashabul Kahfi mengaku, ada beberapa nama kader muda yang diusulkan.

"Ada beberapa nama dipertimbangkan, seperti Irfan AB, Usman Lonta, Syamsuddin Karlos, Andi Irwandi Natsir serta Nurkanita Marudanni. Kalau saya sendiri masih tetap lanjut di Senayan," beber Kahfi kini menjabat anggota DPR RI itu menambahkan.

Sementara itu, Andi Ansyari Mangkona dari PDI-P yang namanya masuk bursa calon pendamping akronim Andalan tersebut, mengaku masih menanti arahan partainya.

"Sebagai kader pada prinsipnya menerima perintah dan penugasan partai. Ini kita tinggal menunggu DPP, dilihat nanti apakah disetujui atau tidak. Ini kan baru usulan, nanti kita lihat perkembangannya. Karena ada beberapa tahapan. Bila sampai Maret 2022 tidak terproses, maka tidak ada lagi calon," ujarnya menjelaskan.

Sementara Ketua Polhukam DPW PKS Sulsel, Ariady Arsal mengonfirmasi kalau dua nama sudah disiapkan partainya yakni dirinya dan Ketua DPW PKS Sulsel, Amri Arsyid.

Meski begitu, arahan DPP tetap diprioritaskan. "Kita berharap status Plt Gubernur bisa defenitif, kalau bisa pekan depan sudah defenitif, maka teman-teman partai pengusung segera melakukan rapat mengodok perwakilan nama untuk disetujui menjadi wakil gubernur," tutur anggota TGUPP Sulsel itu berharap.

Rekomendasi