Aksi Ganjar Cek Kebakaran Relokasi Pasar Johar Semarang, Pedagang: Iki Kepiye Pak?

| 02 Feb 2022 21:45
Aksi Ganjar Cek Kebakaran Relokasi Pasar Johar Semarang, Pedagang: Iki Kepiye Pak?
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo (Dok. Pemprov Jateng)

ERA.id - Kebakaran melanda tempat relokasi pasar Johar di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), Rabu (2/2) malam. Kobaran api membakar puluhan kios yang ada di blok F pasar tersebut.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mendapat informasi kebakaran ketika dalam perjalanan pulang ke Semarang dari Rembang. Ganjar memutuskan langsung menuju lokasi memantau penanganan kebakaran.

Saat Ganjar datang, api masih berkobar cukup besar, dengan asap yang membumbung tinggi. Banyaknya warga yang ingin menonton peristiwa kebakaran itu membuat jalanan macet. Bahkan akses jalan menuju pasar juga macet parah.

"Minggir mas, ini buat jalan pemadam kebakaran. Pak polisi, ayo ini jalan dikosongkan biar pemadam bisa lewat. Sekarang pak, ayo semua minggir," teriak Ganjar pada warga yang memenuhi jalan.

Ganjar meminta masyarakat yang tidak berkepentingan untuk meninggalkan lokasi kebakaran. Ia juga berkoordinasi dengan petugas pemadam kebakaran untuk mempercepat pemadaman.

Saat itu, sejumlah pedagang yang menjadi korban menangis histeris. Mereka berteriak dan meminta tolong.

"Pak Ganjar, tolong pak. Daganganku ludes pak. Iki kepiye pak (ini bagaimana pak)," kata ibu-ibu pedagang.

"Sabar nggih bu, ini lagi dipadamkan," kata Ganjar mencoba menenangkan.

Ganjar berada di lokasi kebakaran itu untuk memastikan penanganan kebakaran berjalan baik.

"Sudah ditangani, blangwir (pemadam kebakaran) sudah dikerahkan semua, termasuk dari kepolisian. Semua teman-teman sudah bergerak. Mudah-mudahan cepat padam," kata Ganjar.

Ganjar juga mengatakan sudah berkoordinasi dengan Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, terkait penanganan korban kebakaran. Ia meminta pengurus pasar dan lurah pasar untuk segera mencatat siapa korban kebakaran.

"Saya minta dicatat siapa korbannya yang ada di los yang terbakar ini. Tadi Pak Wali Kota sudah bicara dengan saya dan saya minta mempersiapkan contigency plan terhadap mereka para pedagang yang menjadi korban. Biar nanti segera dihitung," tegasnya.

Soal Pasar Johar baru yang sudah siap ditempati, Ganjar mengatakan para pedagang yang sudah punya kios untuk segera pindah. Namun mereka yang belum bisa pindah harus jadi prioritas penanganan.

"Kan kasihan mereka yang belum bisa pindah. Itu yang mesti kita pikirkan terhadap kondisi dagangannya yang terbakar. Pak Wali sudah bicara, besok kita bicara untuk menentukan skema. Yang penting sekarang padam dulu. Ke depannya pasti dibantu," pungkasnya.

Kami juga pernah menulis soal Alami Cedera, Begini Kondisi Terkini Ganjar Pranowo Usai Terjauh saat Bersepeda Tadi Pagi Kamu bisa baca di sini

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

 

Rekomendasi