Terungkap! Penyebab Ribuan Ikan di Danau Maninjau Mati Mendadak, Petani Keramba: Akibat Belerang

| 15 Feb 2022 19:17
Terungkap! Penyebab Ribuan Ikan di Danau Maninjau Mati Mendadak, Petani Keramba: Akibat Belerang
Danau Maninjau (Antara)

ERA.id - Kematian ikan secara massal di Danau Maninjau, Kabupaten Agam, Sumatera Barat sekitar 130 ton akibat fenomena tubo belerang yang melanda daerah itu pada Jumat (11/2), sehingga oksigen berkurang di danau vulkanik itu.

Salah seorang petani keramba jaring apung di Danau Maninjau, Naziruddin di Lubukbasung, Selasa (15/2/2022), mengatakan udara sekitar danau mengeluarkan bau belerang yang sangat pekat.

"Kematian ikan pada Desember 2021, tidak ada bau belerang di danau dan murni akibat kekurangan oksigen setelah hujan disertai angin kencang melanda daerah itu," katanya yang juga Wali Nagari Koto Malintang.

Ia mengatakan, kematian ikan itu berawal saat cuaca sangat panas melanda daerah itu pada Jumat (11/2) siang kemudian tiba-tiba turun hujan dengan curah hujan cukup tinggi melanda daerah itu.

Setelah berlangsung cuaca terik yang dlsambung dengan hujan deras maka ikan-ikan di keramba jaring apung mulai mengapung ke permukaan dan beberapa waktu kemudian ikan mati. "Ikan dalam keramba jaring apung milik warga mati. Keramba jaring apung saya dalam kondisi kosong," katanya.

Sementara Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Agam, Rosva Deswira menambahkan kematian ikan akibat pembalikan massa air dan membawa belerang naik ke permukaan.

"Permukaan danau tenang, tapi tiba-tiba hujan dan tidak ada angin kencang melanda daerah itu," katanya, seperti dikutip dari Antara.

Akibat kejadian itu, sekitar 130 ton ikan mati secara massal di Rambai Nagari Koto Malintang sebanyak 50 ton tersebar di 76 petak keramba jaring apung milik 30 petani.

Setelah itu di Linggai Nagari Duo Koto sebanyak 80 ton tersebar di 100 petak keramba jaring apung milik 15 orang petani. "Petani mengalami kerugian sekitar Rp2,6 miliar, karena harga tingkat petani Rp20 ribu per kilogram," katanya.

Rekomendasi