Bela Gus Yaqut, PCNU Jember: Jangan Mudah Menuduh Orang Menista Agama

| 04 Mar 2022 08:44
Bela Gus Yaqut, PCNU Jember: Jangan Mudah Menuduh Orang Menista Agama
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (Setkab)

ERA.id - LBM PCNU Jember mengimbau masyarakat agar tidak mudah menuduh seseorang menistakan agama, selama belum ada bukti nyata penistaan agama.

Hal itu ia sampaikan saat membela Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas soal polemik toa masjid yang disandingkan dengan gonggongan anjing.

Bahkam, PCNU Jember mengeluarkan fatwa bahwa pernyataan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) tidak terbukti menistakan agama.

"Tidak ada unsur penistaan atau penodaan agama dalam pernyataan Menteri Agama, karena tidak ada unsur tasybih (menyamakan) antara azan dan suara anjing," kata Ketua Lembaga Bahtsul Masail Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama ​​​​(​LBM PCNU) Jember Kiai Mohamad Syukri Rifa'i, Kamis (3/3/2022).

Menurutnya, Menag Gus Yaqut sedang menjelaskan contoh-contoh kebisingan suara yang perlu diatur sedemikian rupa, bukan hanya suara anjing, bahkan suara knalpot kendaraan bermotor dan suara klakson ada mekanisme aturan guna menjaga keharmonisan dalam bersosial.

Sebelum melakukan pembahasan, LBM PCNU Jember telah terlebih dahulu ber-tabayyun (klarifikasi) dengan mendapatkan transkrip utuh pernyataan Menag.

"Selain itu, para Pengurus LBM PCNU Jember juga telah menyaksikan video penuh wawancara Gus Yaqut yang berdurasi 2 menit 50 detik," ujarnya lagi.

Kalau lihat dalam video pendek yang sudah dipotong, kata dia, ada kesan mempersamakan (suara azan dengan suara anjing), tetapi kalau dalam video utuh, sama sekali tidak ada persamaan (tasybih) antara azan dengan suara anjing.

"Kajian dilakukan antara lain dengan menggunakan pendekatan linguistik (balaghoh) dan keilmuan lain. Kami sudah kirimkan hasil kajian itu kepada PBNU dan diharapkan bisa meluruskan salah paham yang bermula dari potongan video pendek," katanya pula.

Rekomendasi