Survei Kepuasan Warga Makassar ke Pemerintahan Danny Pomanto Melejit, Efek Menggandeng Fatma?

| 16 Mar 2022 12:19
Survei Kepuasan Warga Makassar ke Pemerintahan Danny Pomanto Melejit, Efek Menggandeng Fatma?
Danny Pomanto dan Fatmawati Rusdi (Ist)

ERA.id - Kinerja Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar Moh Ramdhan "Danny" Pomanto dan Fatmawati Rusdi (Danny-Fatma) dianggap memuaskan.

Kesimpulan itu dikemas lembaga survei dan riset Celebes Research Center (CRC), soal tingkat kepuasan masyarakat. Tak tanggung-tanggung, angkanya 82 persen.

Peneliti CRC Imam Sayuti di Makassar, Selasa (15/3/2022), mengatakan hasil survei terhadap 600 responden yang tersebar di 15 kecamatan itu, terdistribusi secara merata sesuai dengan jumlah penduduknya.

"Indeks kepuasan kinerja wali kota itu capai 80 persen. Wakil Wali Kota Makassar sebanyak 77 persen dan secara umum Pemerintah Kota Makassar 80 persen. Jika digabungkan, maka masyarakat yang puas dengan kinerja Danny-Fatma dan jajarannya capai 82 persen," ujarnya.

Imam Sayuti mengatakan tingginya tingkat kepuasan masyarakat terhadap Danny-Fatma karena penanganan beberapa permasalahan yang ada di kota Makassar bisa terselesaikan.

Bahkan DPRD Makassar juga memperoleh hasil yang cukup baik, yakni berada di angka 60 persen, begitu juga dengan lembaga penegak hukum kepolisian yang memperoleh angka 78 persen.

"Selain kinerja wali kota dan wakil wali kota, masyarakat juga puas dengan kinerja anggota DPRD Makassar serta pihak kepolisian dalam hal ini Polrestabes Makassar," katanya.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menanggapi angka 82 persen yang menurutnya cukup tinggi untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakatnya.

Dia mengaku akan mempertahankan angka 82 persen di tahun berikutnya, meski dinilai cukup susah.

"Mempertahankan angka kepuasan itu cukup susah, apalagi menaikkan berat. Yang penting kita kerja saja secara tulus dan profesional, biarkan masyarakat menilai sendiri," katanya.

Ia mengakui di awal periode pertamanya menjabat bersama Syamsu Rizal atau Deng Ical, tingkat surveinya berada di angka 62 persen. Nah, saat bersama Fatma yang notabene istri dari pembesar NasDem di Sulsel, Rusdi Masse, angka kepuasan melejit hingga 82 persen.

"Di awal periode saya, survei mencapai 62 persen. Meningkat terus sampai sekarang. Ini bukti pentingnya koordinasi sehingga tujuan bisa tercapai dan masyarakat merasakan," terangnya.

Rekomendasi