Pahit, Mau Unjuk Bakat Chicco Kurniawan Malah Ditanya Jumlah Follower Saat Casting

| 23 Sep 2022 17:49
Pahit, Mau Unjuk Bakat Chicco Kurniawan Malah Ditanya Jumlah Follower Saat Casting
Chicco Kurniawan (Era.ID/Yesica Sitinjak)

ERA.id - Saat ini memang tengah menjadi polemik di industri perfilman, di mana aktor dan aktris dicasting berdasarkan jumlah pengikut di media sosial. Aktor Chicco Kurniawan tak memungkiri bahwa ia pernah mengalami hal tersebut.

"Ada dong, aduh pahit banget. Dulu bahkan gue dicasting bukan ditanya pernah main film apa, pernah akting apa saja, yang ditanya malah followernya. Sampai 2020 juga masih sih. Walaupun nggak ditanya, tapi sudah ada di profilnya" ungkap Chicco, saat ditemui di kawasan Sudirman, Jakarta, pada Kamis (22/9/2022).

Meski demikian, Chicco mengaku tak ingin ambil pusing akan hal tersebut. Ia mengaku mengerti bahwa pihak produksi melakukan hal tersebut untuk mendapatkan jumlah penonton filmnya yang banyak, walaupun sebenarnya tidak bisa dijadikan jaminan.

"Tapi gue nggak mau pahitkan itu, karena tetaplah industri ini butuh itu. Itu mungkin salah satu faktor untuk bisa nambahin keamanan untuk film ini supaya bisa laku, walaupun sebenarnya nggak ada teorinya," tuturnya.

Walau tak ambil pusing, Chicco juga mengaku tidak mendukung sistem casting pemain film berdasarkan pengikut media sosial. Menurutnya, sistem ini membuat orang-orang yang memiliki bakat akting mumpuni tetapi tidak memiliki pengikut banyak jadi tidak memiliki kesempatan.

"Tapi sebaliknya juga walaupun gue nggak mau pahitkan itu, gue juga nggak mendukung itu. Kita tahu banyak teman di luar sana, yang teateran nggak punya kesempatan gitu. Kita kapan regenerasinya kalau kayak gini, yang belum ada follower tapi punya bakat akting yang mumpuni," jelasnya.

Lebih lanjut, Chicco menjelaskan bahwa modal sebagai aktor adalah kemampuan akting yang mumpuni, bukan pengikut media sosial. Ia juga menjelaskan bahwa dirinya kini sudah tidak mendapat perlakuan casting melalui jumlah follower lagi, setelah meraih Piala Citra berkat membintangi film Penyalin Cahaya.

"Gue sih cuma bisa lakukan yang bisa gue lakukan, yakni akting. Buat gue kalau jadi aktor, ya modalnya akting, bukan follower. Kalau sekarang ya beda dong (usai meraih Piala Citra), dan itu saya manfaatkan. Ya memang sudah jalan Tuhan ya," pungkas Chicco Kurniawan.

Rekomendasi