Kenali Tanda-Tanda Hamil yang Tidak Disadari dan Segera Ambil Langkah Bijak

| 06 Oct 2022 22:02
Kenali Tanda-Tanda Hamil yang Tidak Disadari dan Segera Ambil Langkah Bijak
Ilustrasi tanda tanda hamil yang tidak disadari (unsplash)

ERA.id - Terlambat haid, sering merasa mual, dan sering muntah adalah tanda yang paling dikenali dari ciri kehamilan. Namun, ada tanda-tanda hamil yang tidak disadari sehingga seseorang kadang baru tahu setelah tanda-tanda umum muncul.

Secara umum, ciri atau tanda kehamilan telah dirasakan pada minggu-minggu awal masa kehamilan. Namun, beberapa ciri cukup sulit dibedakan dengan kondisi seaat menstruasi sehingga sebagian wanita tidak tahu bahwa dirinya sedang hamil. Simak penjelasan berikut agar Anda tidak salah menilai, dikutip Era dari alodokter.

Tanda-Tanda Hamil yang Tidak Disadari

1. Sensitif terhadap bau

Ini menjadi tanda hamil yang paling awal terjadi. Hal ini bisa menimbulkan rasa mual (morning sickness). Biasanya, hal ini disebabkan oleh peningkatan hormon hCG (human chorionic gonadotropin) selama kehamilan. Seiring bertambahnya usia kehamilan, sensitivitas ini akan hilang.

2. Mood swing

 Ilustrasi mood swing (unsplash)

Suasana hati yang mudah berubah (mood swing) adalah hal yang biasanya dialami oleh orang yang akan atau sedang haid. Ternyata, ini juga bisa menjadi tanda kehamilan.

Biasanya, ciri kehamilan ini terasa ketika usia kehamilan memasuki 6–10 minggu. Mudahnya suasana hati berubah umumnya karena terjadi perubahan hormon estrogen dan progesteron selama kehamilan.

3. Keluar darah dari vagina

Saat ada darah dari keluar tentu hal yang mudah diterka adalah haid atau menstruasi. Namun, hal ini juga bisa menjadi tanda awal kehamilan. Sebagai tanda kehamilan, hal ini disebut perdarahan implantasi.

Darah yang keluar ketika perdarahan implantasi berwarna kecokelatan atau merah muda. Jumlah darah yang keluar sedikit. Ini berbeda dengan darah haid. Warna darah saat haid adalah merah pekat disertai gumpalan darah. Jumlahnya pun cenderung lebih banyak.

4. Sering kencing

Hal ini disebabkan oleh peningkatan hormon hCG pada masa awal kehamilan yang membuat produksi urine meningkat. Oleh sebab itu, kandung kemih menjadi lebih cepat penuh dan perempuan hamil sering buang air kecil. Sebab lain dari tanda ini adalah pembesaran ukuran rahim yang menekan kandung kemih.

5. Mudah lelah

 Ilustrasi mudah lelah (unsplash)

Berbagai penyakit bisa bertanda mudah lelah. Namun, hal ini juga bisa menjadi tanda kehamilan. Umumnya, tanda kehamilan ini akibat peningkatan hormon progesteron. Selain itu, mood swing selama masa kehamilan juga memicu munculnya rasa lelah.

6. Sembelit

Ini termasuk tanda yang jarang diketahui. Sembelit selama hamil bukan disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat, tetapi peningkatan hormon progesteron yang menyebabkan otot di saluran cerna mengendur. Hal ini membuat proses pencernaan makanan jadi lebih lambat dan terjadilah sembelit.

7. Pusing

Masa awal kehamilan bisa menyebabkan tekanan darah menurun. Hal ini memicu perempuan hamil merasa pusing.

Pemicu utama pusing pada masa kehamilan adalah pengenduran pembuluh darah akibat perubahan hormon. Biasanya, tanda ini dirasakan saat usia kehamilan 6 minggu.

8. Hidung tersumbat dan mimisan

Peningkatan hormon saat masa kehamilan juga bisa menyebabkan hidung jadi lebih mudah bengkak, kering, dan berdarah. Oleh sebab itu, wanita hamil bisa mudah mengalami hidung tersumbat, bahkan mimisan.

9. Pengencangan payudara

Salah satu tanda awal kehamilan yang kadang tak disadari adalah payudara yang menjadi lebih kencang. Semakin tua usia kehamilan, perubahan pada payudara bisa semakin terlihat.

Ini merupakan proses alami tubuh untuk mempersiapkan kelahiran bayi dan dimulainya masa menyusui. Itulah sebabnya seorang perempuan hamil tampak memiliki payudara yang lebih kencang dan besar.

Jika tanda-tanda hamil yang tidak disadari tersebut muncul, Anda bisa tes kehamilan secara mandiri dengan testpack. Anda sebaiknya segera periksa ke dokter kandungan jika hasilnya positif. Jika hasilnya negatif, Anda bisa mengulangi tes tersebut kehamilan seminggu kemudian atau datang ke dokter.

Rekomendasi