Calon Ibu Harus Paham, Inilah Ciri-Ciri Hamil Muda yang Mudah Diketahui

| 08 Dec 2022 17:05
Calon Ibu Harus Paham, Inilah Ciri-Ciri Hamil Muda yang Mudah Diketahui
Ilustrasi ciri-ciri perut hamil dan buncit (Istock)

ERA.id - Tahukah Anda? Ciri-ciri hamil muda ternyata tidak hanya telat menstruasi. Masih banyak ciri-ciri kehamilan lain yang sering kali tidak diketahui, terlebih jika kehamilan tersebut merupakan kehamilan pertama. Lantas, apa saja ciri-ciri kehamilan yang bisa kita ketahui? Simak penjelasannya di bawah ini.

Ilustrasi tanda kehamilan (Jonathan Borba on Unsplash)

Payudara Bengkak

Ciri-ciri hamil muda yang kerap kali tidak disadari yaitu payudara ibu yang membesar. Selain itu, pada awal kehamilan, payudara sebagian ibu hamil juga terasa lebih lembut. Hal ini dikarenakan terjadinya perubahan hormon dalam tubuh sang ibu sehingga memerlukan adaptasi. Kondisi yang kurang nyaman ini biasanya akan menghilang setelah beberapa minggu.

Jika Anda mengalami terlambat haid dengan disertai gejala payudara yang bengkak dan sakit, hendaknya segera jalani tes kehamilan.

Terdapat Bercak Darah

Ciri-ciri hamil muda lain yang juga kerap tidak disadari yaitu mengalami gejala flek atau bercak darah yang serupa dengan tanda menstruasi awal. Bedanya, kondisi flek atau bercak tanda hamil muda tidak berlangsung lama serta tidak dilanjutkan dengan menstruasi.

Bercak darah ini adalah pendarahan implantasi, yaitu pendarahan yang terjadi ketika telur yang dibuahi tengah melekat ke lapisan rahim. Biasanya, hal ini akan dialami sekitar 10 hingga 14 hari pasca pembuahan. Walaupun demikian, tidak semua ibu hamil muda mengalami hal tersebut.

Perubahan Mood

Ibu yang tengah hamil muda juga akan mengalami suasana hati atau mood yang berubah-ubah. Gejala ini serupa dengan gejala PMS ketika haid akan datang. Kondisi mood yang tidak stabil diakibatkan oleh perubahan hormon yang terjadi dalam tubuh ibu.

Merasa Mual di Pagi Hari

Mual pada pagi hari atau sepanjang hari yang disebut morning sickness juga menjadi salah satu ciri-ciri hamil muda. Mual atau muntah bisa dialami kapan saja, tetapi biasanya mulai dirasakan ibu hamil pada minggu ke-6 kehamilan. Morning sickness tentunya dapat mengganggu kinerja atau produktivitas, bahkan beberapa ibu hamil tidak dapat beraktivitas normal karena gejala ini.

Intensitas Buang Air Kecil Lebih Tinggi

Ciri-ciri hamil muda yang juga seringkali tidak disadari adalah frekuensi buang air kecil yang meningkat. Saat hamil muda, peningkatan kadar darah memicu ginjal untuk menyaring banyak cairan sehingga ibu hamil muda akan lebih sering ke toilet. Selain itu, kandung kemih akan tertekam rahim yang mulai membesar. Namun, hal ini merupakan hal yang wajar.

Sakit Kepala

Sakit kepala atau pusing juga menjadi ciri-ciri hamil muda yang sering tidak disadari. Sakit kepala yang dialami diakibatkan karena perubahan hormon. Selain itu, kadar gula yang turun di awal kehamilan juga akan membuat ibu merasa pusing. Jika ibu kerap merasakan sakit kepala ketika hamil muda, tak perlu khawatir, sebab hormon estrogen dan progesteron sedang mempersiapkan rahim yang nyaman untuk tempat tinggal bayi Anda.

Mengalami Rasa Lelah

Seorang ibu yang mengalami hamil muda juga ditandai dengan rasa lelah. Kelelahan ini  diakibatkan oleh peningkatan hormon progesteron di masa awal kehamilan. Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan janin di dalam kandungan, tubuh juga bekerja lebih kerasa dari biasanya sehingga kelelahan sangat wajar terjadi. Kelelahan pada ibu hamil muda dapat ditangani dengan mengonsumsi vitamin prenatal serta menghindari kafein. Tidur menjadi pilihan yang tepat bagi ibu untuk mengantisipasi rasa lelah.

Perut Kembung

Ciri-ciri hamil muda selanjutnya ditandai dengan perut kembung atau begah selama beberapa waktu. Perut kembung ini dikarenakan kadar progesteron yang meningkat sehingga proses pencernaan menjadi lambat. Hal ini tentunya akan memproduksi banyak gas di dalam perut. Kembung pada ibu hamil selanjutnya akan diikuti dengan kentut dan sendawa yang kerap terjadi.

Kram Ringan

Beberapa ibu hamil muda juga akan merasakan kram ringan di bawah perut. Kram timbul karena terjadinya penebalan dinding rahim tempat janin tinggal. Walaupun demikian, tidak semua ibu hamil akan mengalami hal ini. Jika hal ini terjadi dengan diikuti keluarnya flek hitam atau merah, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter.

Demikianlah ulasan tentang ciri-ciri hamil muda yang bisa diketahui. Semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi