Jarang Ganti Masker? Wanita Ini Kena Iritasi Kulit

Tim Editor

Dok. IST

ERA.id - Pakai masker di luar rumah memang menjadi salah satu protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19. Namun, harus diingat juga tentang kondisi kebersihan masker bila tak ingin iritasi atau bahkan membuat kulit alergi.

Seperti yang terjadi pada wajah Wening Ambar Pertiwi. Akibat memakai masker yang tak diganti berhari-hari, kulitnya mengalami iritasi hingga bengkak.

"Gegara pakai masker medis 5 hari enggak ganti, gue pikir masih bersih kan ya, terus hari ketiganya gue udah berasa gatal-gatal tapi gue mikirnya kan kalau pakai masker emang gatal-gatal di hidung. Hari keempatnya merah-merah sama muncul bintik-bintik putih kaya ada air nya," katanya kepada Era.id, Selasa (29/9/2020).

Dok. IST

 

Kini kondisi wajah karyawan swasta itu makin parah. Ia menduga wajahnya kena herpes. Selain tak mengganti masker, ia juga sembarangan menaruh masker. Kini ia harus menjalani pengobatan akibat infeksi parah pada area hidung dan mulutnya.

Tim Komunikasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 (Gugus Tugas Nasional), Dokter Reisa Broto Asmoro mengingatkan agar penggunaan masker penutup hidung dan mulut diganti setelah empat jam pemakaian.

"Penggunaan masker disarankan maksimal hanya 4 jam, dan harus diganti dengan yang baru, atau yang bersih,” ungkap Dokter Reisa dilansir dari laman Covid19.go.id.

Selain itu, masker juga wajib diganti apabila sudah basah atau terlalu lembab. Oleh sebab itu, dia menganjurkan agar masyarakat membawa persediaan masker apabila harus pergi keluar rumah.

“Masyarakat disarankan untuk membawa beberapa buah masker ketika harus pergi keluar rumah untuk beraktivitas,” jelasnya.

Tag: kesehatan

Bagikan: