Kapan Harus Pakai Masker Dobel? Ini Penjelasan dr Reisa

Tim Editor

Dr Reisa Broto Asmoro (Dok. BNPB)

ERA.id - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, dr Reisa Broto Asmoro mengungkap berdasarkan penelitian dari Centers for Disease Control (CDC) Amerika Serikat, penggunaan masker ganda efektif dapat mencegah droplet dari pasien COVID-19 sampai dengan 95 persen.

"CDC menjelaskan paparan kepada penerima berkurang secara maksimal hingga lebih dari 95 persen jika sumber dan penerima dilengkapi dengan masker ganda," jelas Reisa melalui keterangan tertulisnya, Senin (2/8/2021).

Berdasarkan data dari dokter Derek Chu dan koleganya yang diterbitkan pada 1 Juni 2021, Reisa menjelaskan menggunakan masker kain dapat menurunkan resiko penularan hingga 45% sementara untuk masker bedah 75 persen.


Reisa menyebut, dobel masker tersebut memiliki daya filter atau saring yang tinggi hingga 80 persen. Masyarakat yang menggunakan masker dengan benar yakni menutup bagian hidung dan mulut maka membantu mengatasi penyebaran COVID-19.

"Bersamaan dengan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), pemerintah Indonesia juga menyatakan dimulainya kebiasaan memakai dua atau pakai masker ganda (double masking). Pemakaian masker dobel ini artinya memadukan masker bedah dilapisi dengan masker kain," kata dia.

"Masker medis secara substansial dapat mengurangi tetesan droplet, sedangkan untuk penggunaan masker kain yang lebih erat dan pas di wajah, tanpa ada ruang yang terbuka, dapat menahan paparan partikel aerosol yang mungkin ada pada saat pemakainya berada di dalam ruangan tertutup saat bersama dengan orang lain," tandasnya.

Lebih lanjut, Reisa juga menyebut saat ini Presiden Joko Widodo terus menyerukan gerakan semua wajib masker atau universal masking sebagai bagian dari kampanye 3M guna mencegah penyebaran COVID-19.

"Di Amerika Serikat dan beberapa negara lainnya menyebut gerakan tersebut dengan istilah universal making, yang mana semua orang diwajibkan memakai masker," tukas Duta Adaptasi Kebiasaan Baru RI tersebut.

Tag: Reisa Brotoasmoro masker dobel

Bagikan: