Reisa Broto Jelaskan Pentingnya Pakai Dobel Masker

Tim Editor

Ilustrasi pengggunaan masker (Unsplash/Kobby Mendez)

ERA.id - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru Reisa Broto Asmoro menjelaskan pentingnya menaati anjuran penggunaan masker ganda (double) di tengah pandemi COVID-19 saat ini.

Reisa, dalam acara bincang-bincang yang digelar virtual, mengatakan bahwa anjuran penggunaan dobel masker dikeluarkan untuk menangkal penularan virus varian delta COVID-19.

"Sebenarnya dobel masker ini dianjurkan karena penularan virus varian paling baru yaitu varian delta ini tiga kali lebih menular dibandingkan dengan yang varian awal dulu dari Wuhan, China," kata Reisa seperti dikutip dari Antara.


Dia mengatakan, penggunaan masker medis saja tidak cukup memberikan proteksi, karena masih ada celah terbuka di kedua sisi yang berpotensi dimasuki virus. Sementara masker kain tidak memiliki filtrasi yang baik.

Oleh karena itu, dia menilai anjuran penggunaan dobel masker menjadi penting untuk ditaati.

"Jadi tetap sebaiknya di dobel pakai masker medis lalu ditutup pakai masker kain yang menyerupai bentuk wajah, jadi rapat," ucap dia.

Lebih lanjut Reisa mengatakan, penggunaan masker tidak akan berpengaruh terhadap kadar oksigen yang dihirup maupun karbondioksida yang dikeluarkan tubuh.

"Itu tidak akan mempengaruhi jumlah oksigen yang kita tarik dan karbondioksida yang keluar dari masker ini, kecuali kita pakai plastik yang tidak ada pori-pori udara keluar. Jadi selama filtrasinya baik itu tidak akan mengganggu," kata dia.

Tag: masker Reisa Broto Asmoro masker ganda double masker

Bagikan:


POPULER

Kader PDIP Terus Dorong Puan Maju di Pilpres 2024, Sinyal Bahaya untuk Ganjar?