Jokowi soal 'Darurat Kesehatan Global' kepada Pemimpin G20: 'Never Again' Harus Jad Mantra Bersama

| 15 Nov 2022 15:10
Jokowi soal 'Darurat Kesehatan Global' kepada Pemimpin G20: 'Never Again' Harus Jad Mantra Bersama
Presiden Joko Widodo (Media Center G20 Indonesia/ADITYA PRADANA PUTRA)

ERA.id - Presiden Joko Widodo menegaskan supaya darurat kesehatan seperti yang diakibatkan oleh pandemi Covid-19 tidak boleh terulang lagi di masa mendatang.

Hal itu disampaikan Jokowi dalam pidato pembuka sesi II tentang kesehatan di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, Bali, Selasa (15/11/2022).

"Dunia tidak boleh mengulang kesalahan saat pandemi Covid-19. Ini adalah pelajaran berharga untuk menyiapkan dunia dari darurat kesehatan global," kata Jokowi.

"Never Again, harus menjadi mantra kita bersama," tegasnya.

Jokowi mengajak para kepala negara peserta G20 untuk selalu waspada atas ancaman kesehatan global. Sebab, darurat kesehatan bisa muncul kapan saja.

Oleh karena itu, dibutuhkan kesiapan yang matang. Dengan menguatkan kesiapan, bukan hanya nyawa saja yang bisa diselamatkan, tetapi juga perekonomian.

"Darurat kesehatan berikutnya dapat muncul kapan saja. Kali ini dunia harus lebih siap. Kesiapsiagaan kita akan menyelamatkan nyawa dan perekonomian kita," paparnya,

Karenanya, Jokowi mengajak para kepala negara G20 untuk mengambil langkah-langkah nyata dan segera. Salah satunya yaitu memperkuat arsitektur kesehatan.

"Saya menantikan pandangan dan kontribusi yang mulia, bagi penguatan arsitektur kesehatan dunia," pungkasnya.

Rekomendasi