Mengenal Negara Apa yang Terletak Paling Barat di Bumi

| 26 Nov 2022 12:10
Mengenal Negara Apa yang Terletak Paling Barat di Bumi
Peta dunia (unsplash)

ERA.id - Bumi yang kita tempati berbentuk bulat. Namun, kita memiliki mata angin yang menunjukkan adanya barat dan timur. Kemudian, pernahkah Anda bertanya-tanya negara apa yang terletak paling barat?

Masyarakat mengenal istilah negara Timur dan negara Barat. Hal tersebut mengacu kepada letak atau posisi negara di peta bumi, ada negara yang letaknya di wilayah timur, ada pula yang di wilayah barat. Hal tersebut bisa diketahui berdasarkan letak astronomisnya.

Negara Barat merupakan istilah yang diberikan kepada Amerika Serikat. Berdasarkan garis bujur, negara tersebut terletak di bagian paling barat dunia, selain Kiribati. Meski demikian, hal ini masih menimbulkan kebingungan.

Amerika Serikat merupakan negara serikat. Negara ini terbagi menjadi puluhan negara bagian. Negara ini juga memiliki sejumlah wilayah depedensi.

Namun, beberapa wilayah dependensi Amerika Serikat posisinya jauh lebih ke barat dari wilayah daratan Amerika Serikat. Uniknya, letak wilayah depedensi ini berada di bujur timur.

Wilayah yang kita maksud adalah Guam, berada di 13,24° LU hingga 13,66° LS, dan 144,61° BT hingga 144,95° BT. Ini merupakan wilayah dependensi Amerika Serikat yang letak geografisnya malah di bagian timur, bahkan lebih dekat dengan Indonesia dibandingkan dengan Amerika Serikat.

Negara Apa yang Terletak Paling Barat di Dunia?

1. Amerika Serikat

Guam, wilayah depedensi Amerika Serikat (unsplash)

Dikutip Era dari Britannica, Guam menjadi titik paling barat di dunia. Wilayah dependensi Amerika Serikat ini berlokasi di Orote Point. Secara astronomis, Orote Point atau Orote Peninsula terletak di 144°37'5.5" BT.

Sementara, jika kita mengesampingkan status wilayah dependensi, maka kita akan fokus kepada negara bagian dari Amerika Serikat. Negara bagian Amerika Serikat yang posisinya ada di bagian paling barat adalah Alaska, tepatnya di Cape Wrangell, Pulau Attu.

Dengan kata lain, berdasarkan letak astronomisnya, Amerika Serikat menjadi negara paling barat di dunia. Hal tersebut berlaku baik dengan wilayah depedensinya maupun negara bagian.

2. Kiribati

Anda mungkin masih asing dengan nama ini. Kiribati merupakan negara kepulauan kecil yang terletak di Samudera Pasifik. Wilayah sekitar 811 kilometer persegi.

Negara ini memiliki 33 pulau, dan Pulau Banaba menjadi terbarat dari negara Kiribati. Letak Pulau Banaba ada di 169°32'13" BT.

Kiribati menjadi negara merdeka setelah lepas dari Britania Raya pada tahun 1979. Ibu kota Kiribati adalah Tarawa Selatan.

Kiribati merupakan anggota South Pacific Community (SPC), Negara-Negara Persemakmuran, IMF, dan Bank Dunia. Negara ini menjadi anggota penuh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 1999.

Jika Anda bertanya negara apa yang terletak paling barat, Amerika Serikat dan Kiribati adalah jawabannya. Lebih jelas, pulau tertentulah yang membuat kedua negara tersebut disebut berada di bagian paling barat Bumi.

Rekomendasi