Beberapa Jenis Iklim di Benua Eropa, Sudah Tahu? Berikut Penjelasannya

| 26 Nov 2022 09:04
Beberapa Jenis Iklim di Benua Eropa, Sudah Tahu? Berikut Penjelasannya
Ilustrasi (Foto: Phys.org)

ERA.id - Eropa adalah benua yang terdiri dari semenanjung Eurasia yang condong ke arah barat dan menempati hampir seperlima dari keseluruhan luas daratan dunia. Eropa sendiri adalah benua terkecil kedua di dunia yang memiliki luas sekitar 10.180.000 km per segi. Benua Eropa juga populer dengan sebutan benua biru, sebab mayoritas masyarakatnya mempunyai mata yang berwarna biru. Benua ini juga dikelilingi banyak teluk, fyord, dan laut.

Namun, benua ini memiliki garis pantai yang tidak teratur dan panjang sekitar 24.000 mil atau setara 38.000 km. Dikutip dari buku Ilmu Pengetahuan Sosial terbitan Kemdikbud, Benua Eropa masih satu daratan dengan Benua Asia. Kedua benua ini dipisahkan oleh Pegunungan Ural. Walaupun berada dalam satu daratan, kedua benua ini mempunyai budaya yang sangat kontras atau berlainan.

Apa saja iklim Benua Eropa?

Dikenal dengan musim dinginnya, iklim Benua Eropa juga dikelompokkan ke dalam beberapa jenis. Beberapa faktor mempengaruhi pembagian iklimnya dimana setiap bagian Benua Eropa terdapat masing-masing karakteristik.

Ilustrasi Musim Panas (Pixabay)

Pada umumnya, iklim di Eropa dipengaruhi oleh Arus Teluk dan Arus Atlantik. Letak geografisnya yang berada pada 360 LU - 710 LU dan 90 BB sampai 660 BT juga mempengaruhi pembagian iklim di benua ini. Letak ini membuat Benua Eropa diapit banyak wilayah perairan seperti laut dan samudera yang ikut mempengaruhi kondisi iklimnya.

Lalu, apa saja iklim di Benua Eropa? Dilansir dari berbagai sumber, berikut ulasan lengkapnya.

Iklim kontinental, merupakan iklim dengan karakteristik curah hujan yang kurang dan suhu yang lebih sejuk. Suhu musim dingin dan musim panas pada iklim ini perbedaannya sangat ekstrem. Iklim ini dapat Anda alami di Benua Eropa bagian tengah. Negara yang memiliki iklim ini adalah Estonia.

Iklim mediterania, mempunyai karakteristik musim dingin yang sejuk dan musim panas yang kering. Iklim ini bisa Anda rasakan di daerah sekitar Laut Tengah. Beberapa negara dengan iklim ini diantaranya Portugis, Spanyol, Yunani, Italia, dan Prancis bagian selatan.

Iklim Maritim atau iklim laut, adalah iklim yang mempunyai karakteristik curah hujan yang tinggi, suhu yang sejuk pada saat musim dingin dan hangat pada saat musim panas. Iklim ini umumnya dijumpai di wilayah sepanjang pantai Barat Benua Eropa. Beberapa negara dengan iklim ini yaitu Spanyol bagian utara, Jerman bagian barat, Prancis, Belanda, dan Denmark.

Iklim arktik dan subarktik, mempunyai karakteristik musim dingin yang panjang dengan suhu yang begitu rendah. Iklim ini dapat Anda temukan di wilayah bagian utara. Beberapa negara dengan iklim ini adalah Swedia Utara, Islandia, Rusia Utara, dan pantai utara Norwegia.

Iklim Sedang, dibagi dalam dua bagian, yaitu yang dipengaruhi oleh lautan dan daratan. Iklim sedang yang dipengaruhi oleh lautan mempunyai karakteristik curah hujan yang cukup banyak, musim dingin yang tidak ekstrem, dan musim panas yang sejuk. Adapun Iklim sedang yang dipengaruhi oleh daratan mempunyai karakteristik musim dingin yang begitu dingin.

Perbedaan iklim ini juga ikut menentukan faktor yang menyebabkan perbedaan jenis flora dan fauna di setiap wilayah. Selain berpengaruh terhadap penyebaran flora dan fauna, pembagian iklim juga menjadikan kenampakan alam lainnya semakin beragam dan mempunyai ciri khas masing-masing.

Nah, demikianlah penjelasan mengenai beberapa iklim yang ada di Benua Eropa. Bagaimana, Anda penasaran untuk merasakannya langsung?

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Tags : eropa Iklim Arktik
Rekomendasi