Indonesia Kutuk Serangan Israel ke Palestina, Pertanyakan Langkah Nyata PBB

Tim Editor

Menlu Retno Marsudi (Dok. Kemlu)

ERA.id - Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi menegaskan bahwa Indonesia akan terus mendukung perjuangan dan hak rakyat Palestina. Menyusul ketegangan antara Palestina dan Israel di Jalur Gaza baru-baru ini.

Retno Marsudi menyebut, Presiden Joko Widodo telah menyampaikan tindakan Israel mengusir warga Palestina dari Syeikh Al Jabbar, Yerusalem Timur dan menyerang warga sipil di Masjid Al Aqsa tidak dapat dibiarkan.

"Bapak presiden juga menyampaikan bahwa Indonesia mengutuk tindakan tersebut dan mendesak DK PBB untuk mengambil langkah nyata terhadap pelanggaran yang terus dilakukan oleh Israel," kata Retno Marsudi dalam keterangannya, Rabu (12/5).


Selain itu, Indonesia mengusulkan agar Organisasi Kerja Sama Islam dan Gerakan Non Blok dapat segera melakukan pertemuan khusus membahas Palestina.

"Indonesia juga mengusulkan agar OKI dan GNB dapat segera melakukan pertemuan khusus untuk membahas masalah ini," ujar Retno Marsudi.

Indonesia juga terus mendesak agar Dewan Keamanan PBB dapat mengambil langkah nyata menghentikan seluruh kekerasan dan menghadirkan keadilan dan perlindungan bagi Palestina.

"Sudah terlalu lama hak-hak bangsa dan rakyat Palestina digerogoti Israel. Indonesia akan terus bersama rakyat dan bangsa Palestina dalam memperjuangkan hak-haknya," jelas Retno Marsudi.

Dia memastikan Indonesia akan terus berusaha membantu Palestina, salah satunya lewat Committee on the Exercise of the Inalienable Rights of the Palestine. Komite yang dibentuk tahun 1975 dan memiliki mandat memperjuangkan hak-hak Palestina.

"Indonesia adalah salah satu negara anggota biro dan memangku jabatan wakil ketua dalam komite tersebut," kata Retno Marsudi.

Tag: israel-palestina palestina retno lp marsudi israel retno marsudi Jalur Gaza menlu

Bagikan: