Perbedaan Green Tea dan Matcha yang Wajib Diketahui Pecinta Teh

| 04 Feb 2023 12:18
Perbedaan Green Tea dan Matcha yang Wajib Diketahui Pecinta Teh
Ilustrasi Green Tea (Foto: Pixabay)

ERA.id - Meskipun terlihat serupa, ternyata green tea dan matcha merupakan jenis minuman yang berbeda satu sama lain. Apa saja perbedaan green tea dan matcha?

Diketahui, matcha dan teh hijau berasal dari tanaman Camellia sinensis. Teh hijau kerap hadir dengan kemasan seperti pada umumnya teh yang dikonsumsi orang banyak. Sedangkan matcha merupakan tekstur daun teh hijau yang telah dihaluskan.

Perbedaan green tea dan matcha ini tentu tidak hanya sebatas bentuk teksturnya. Simak perbedaan keduanya lebih lanjut di bawah ini.

Perbedaan Green Tea dan Matcha

Perbedaan green tea dan matcha yang wajib diketahui, diantaranya sebagai berikut:

Perbedaan Definisi

Dilansir dalam studi Nutrients, baik green tea ataupun matcha berasal dari tanaman yang sama, yaitu Camelia sinesis.

Perbedaan green tea dan matcha yang pertama dapat ditinjau dari definisinya. Teh hijau merupakan jenis teh yang bahannya terbuat dari daun pucuk Camellia sinensis yang tidak mengalami proses pelayuan.

Adapun untuk proses oksidasinya sama seperti yang digunakan dalam pembuatan teh oolong dan teh hitam.

Teh hijau diketahui berasal dari dataran China. Seiring waktu, produksi dan pembuatannya sudah menyebar ke negara-negara lain di Asia Timur.

Sementara itu, matcha merupakan salah satu jenis teh hijau. Untuk teknik penanaman dan pemrosesan saat mengubah daun Camellia sinensis menjadi matcha, diperlukan produksi khusus.

Sedangkan untuk warnanya, matcha dapat dikatakan memiliki warna yang lebih hijau lembut daripada teh hijau yang sedikit gelap.

Proses Produksi Keduanya

Produksi teh hijau melewati proses yang lebih lama. Mula-mula, daun teh akan dikeringkan di bawah sinar matahari. Selanjutnya, mendekati waktu panen, teh hijau akan dipindahkan ke tempat yang lebih teduh.

Hal ini dilakukan untuk melindunginya dari sinar matahari dan memperlambat pertumbuhan agar memberi karakteristik yang berbeda pada daun teh.

Sedangkan untuk matcha sendiri diproses dengan cara dipanen dan setelah itu dibakar untuk menghentikan proses oksidasi. Selanjutnya daun akan didinginkan, digulung, serta dikeringkan.

Selanjutnya daun ditaruh di ruangan yang didinginkan dan kemudian perlahan-lahan digiling menjadi bubuk halus dengan batu granit untuk dijadikan matcha.

Memiliki Warna Hijau yang Berbeda

Ilustrasi Matcha (Foto: Pixabay)

Matcha memiliki warna hijau yang lebih cerah sebab mengandung banyak klorofil. Sedangkan bubuk teh hijau lebih berwarna hijau sedikit gelap dan kusam.

Setelah panen matcha atau green tea, daun akan melalui proses pengeringan dengan cepat dengan tujuan meminimalkan oksidasi.

Adapun untuk matcha, batang dan vena dari daun akan dibuang dan digiling menjadi bubuk hijau terang yang halus.

Bubuk teh hijau terasa lebih kasar daripada teh lainnya sebab batang dan 'uratnya' belum dibuang. Perbedaan lainnya yaitu daun teh hijau digiling dengan bilah logam, bukan dengan batu.

Perbedaan Rasa dan Tekstur

Teh hijau rasanya dapat dikatakan lebih lembut ketimbang matcha. Teh hijau terasa lebih segar dan harum seperti teh yang ditemukan pada umumnya. Untuk teh hijau, ketika pertama kali menyeruputnya akan terasa lebih manis.

Sedangkan matcha akan terasa lebih 'padat'. Teksturnya lebih creamy dan kemungkinan memberikan agak sedikit pahit di lidah.

Secara tradisional, banyak orang yang sudah menggunakan pengocok bambu untuk membantu membuang gumpalan bubuk pada matcha dan memberikan rasa yang konsisten.

Cara Menyajikan

Perbedaan green tea dan matcha juga bisa dapat ditentukan dari cara penyajiannya. Biasanya, teh hijau diseduh dengan air panas dan disajikan dalam acara tertentu.

Karena teksturnya yang creamy, matcha diolah dengan bentuk smoothies. Pada umumnya perlu tambahan susu, creamer, gula, dan pemanis buatan untuk menyajikan matcha latte dengan rasa yang terbilang cukup kuat. Matcha juga dihidangkan dalam sejumlah upacara ritual tradisional di Jepang.

Perbedaan Harga Green Tea dan Matcha

Tolok ukur selanjutnya dari perbedaan green tea dan matcha adalah perbedaan harganya. Untuk jenis matcha, tentunya dijual dalam kelas yang berbeda.

Matcha memiliki harga yang jauh lebih mahal sebab memerlukan tenaga dan waktu ekstra dalam pembuatannya. Selain itu, diperlukan daun yang tidak bertangkai dan tidak berurat dengan kualitasnya yang terbaik.

Sedangkan teh hijau harganya hampir sama dengan teh yang biasa ditemukan.

Demikianlah penjelasan tentang perbedaan green tea dan matcha yang dapat Anda ketahui. Setelah membaca ulasan di atas, tentunya Anda kini sudah mengetahui perbedaan keduanya dengan detail.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi