Manfaat dan Pengganti Doa Qunut dalam Salat Subuh

| 02 Dec 2022 21:35
Manfaat dan Pengganti Doa Qunut dalam Salat Subuh
Ilustrasi orang salat (unsplash)

ERA.id - Doa qunut atau kunut merupakan salah satu doa yang disunahkan untuk dibaca saat salat Subuh. Namun, sebagian orang tidak melakukannya karena tidak hafal. Pengganti doa qunut bisa dibaca agar kesunahan dalam salat Subuh tetap didapatkan.

 Ilustrasi orang melakukan sujud sahwi (unsplash)

Perlu diketahui pula, doa qunut memiliki berbagai manfaat bagi orang yang membacanya. Dikutip Era dari Media Indonesia, berikut adalah manfaat doa qunut dan doa yang bisa menjadi pengganti doa qunut.

Berbagai Manfaat Doa Qunut

1. Perlindungan dari Allah Swt.

Menusia hanya bisa berharap perlindungan kepada Allah Swt. Ketika seseorang membaca doa qunut, orang tersebut sedang memohon perlindungan Allah Swt. dari segala bahaya dan penyakit.

Allah berfirman, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu.” (QS. Ghafir: 60)

2. Keberhakan hidup di dunia

Saat membaca doa qunut, umat Islam juga sedang memohon keberkahan dari Allah Swt. Keberhakan yang dimaksud bisa berupa, usia yang bermanfaat, kesehatan, harta benda yang bermanfaat, jabatan yang amanah, dan keluarga yang bahagia.

3. Mendapat kemuliaan dan pembelaan

“Sesungguhnya, Engkau menjatuhkan hukum dan tidak ada orang yang memberikan hukuman kepada Engkau. Sesungguhnya orang yang engkau bela tidak akan terhina. Dan tidak akan mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Suci Engkau wahai Rabb kami yang Maha Tinggi”.

Itu merupakan penggalan arti doa qunut. Penggalan tersebut memberikan penjelasan bahwa doa qunut akan membela orang yang terhina jika mengamalkannya secara rutin. Selain itu, orang yang membacanya akan mendapat kemuliaan.

4. Petunjuk 

Sebagian ulama memberikan penjelasan, membaca doa qunut bukan hanya memohon petunjuk, tetapi juga memohon agar dimasukkan ke dalam golongan orang-orang yang diberi petunjuk serta dihindarkan dari segala bentuk kesesatan.

5. Dijauhkan dari keburukan

Jika kita mengamalkan doa qunut secara rutin, kita sedang memohon agar dijauhkan dari segala keburukan. Hidup di dunia penuh dengan ketidakjelasan sehingga kita harus memohon kepada Allah Swt. agar dijauhkan dari hal yang buruk.

Doa Qunut dan Pengganti Doa Qunut

Menurut Syekh Zainuddin, ada doa-doa lain yang bisa dibaca sebagai pengganti doa qunut. Berikut ini adalah doa qunut dan doa pengganti qunut saat salat Subuh.

1. Doa Qunut:

اَللّهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَقِنِيْ شَرَّ مَاقَضَيْتَ، فَاِنَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ وَاِنَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ فَلَكَ الحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Allahummahdini fi man hadait, wa afini fi man afait, wa tawallani fi man tawallait, wa barikli fi ma a thait, wa qini syarra ma qadhait, fa innaka taqdhi wa la yuqdha alaik, wa innahu la yazillu man walait, wa la ya izzu man adait, tabarakta rabbana wa ta alait, fa lakal hamdu a la ma qadhait, wa astaghfiruka wa ‘atubu ilaik, wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin nabiyyil ummiyi wa ala alihi wa shahbihi wa sallam

Artinya: "Ya Allah, kumpulkanlah aku bersama dengan orang-orang yang menerima petunjuk-Mu, selamatkan diriku ke dalam kelompok orang yang Kau lindungi dari bala dunia dan akhirat, sertakan aku bersama mereka yang Kau pelihara dari dosa, turunkan berkah-Mu untukku dalam semua anugerah-Mu, jauhkan diriku dari dampak buruk yang Kau gariskan. Karena sungguh Engkau yang memutuskan, bukan menerima putusan. Sungguh tiada hina orang yang Engkau bimbing, dan tiada mulia orang yang Kau musuhi. Wahai Tuhan kami, Engkaulah Maha Suci dan Maha Tinggi. Segala puji bagi-Mu atas segala putusan-Mu. Aku memohon ampun dan bertobat kepada-Mu"

2. Doa pengganti Qunut

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbanaa aatinaa fiddunyaa hasanah wa fil-aakhirati hasanah wa qina ‘adzaabannaar 

Artinya: “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari azab neraka" (QS. Al-Baqarah: 201).

Doa qunut saat salat Subuh hukumnya sunnah ab'ad. Jika saat salat Subuh tidak membaca doa qunut, pengganti doa qunut yang lain adalah dianjurkan melakukan sujud sahwi untuk kesempurnaan salat Subuh. 

Rekomendasi