Salah Satunya Ria Ricis, Berikut 7 Kanal YouTube Artis Indonesia yang Diretas dalam 2 Tahun Terakhir

| 29 Dec 2022 16:07
Salah Satunya Ria Ricis, Berikut 7 Kanal YouTube Artis Indonesia yang Diretas dalam 2 Tahun Terakhir
Raditya Dika (Instagram @raditya_dika)

ERA.id - Raditya Dika, youtuber, mengumumkan bahwa akun YouTube-nya dibajak atau diretas. Dengan kasus Raditya, jumlah kanal YouTube artis Indonesia yang diretas bertambah dalam dua tahun terakhir. 

"Teman-teman, tampaknya giliran YouTube gue yang kena bajak, kena hack, jadi kami lagi proses pemulihan buat YouTube channel-nya balik lagi," ungkap Raditya Dika melalui unggahan instastory pada Rabu, 28 Desember 2022.

Pihak yang melakukan peretasan belum diketahui. Namun, dijelaskan bahwa proses pemulihan akun YouTube Raditya Dika sedang dilakukan.

"Abaikan yang ada di channel gue kalau ada yang video-video apa begitu gue juga enggak mengerti ya, jadi doakan saja semua proses pemulihannya cepat," jelasnya.

Sebelumnya, beberapa kanal YouTube milik selebritas Tanah Air juga mengalami peretasan. Dikutip Era dari KompasTV, setidaknya terdapat 6 selebritas yang pernah mengalami peretasan akun YouTube. Berikut adalah rinciannya.

Kanal YouTube Artis Indonesia yang Diretas

1. Ria Ricis

Ria Ricis (antaranews)

YouTuber Ria Ricis mengumumkan akun YouTube miliknya, Ricis Official di-hack atau diretas. Padahal, akun YouTube Ria Ricis tersebut telah memiliki 30,6 juta subscriber.

YouTube Ricis juga berisi ribuan video yang telah ditonton jutaan kali. Tak heran, Ricis begitu khawatir kala kanal YouTube-nya dibobol peretas atau hacker.

2. Young Lex

Kanal YouTube milik Young Lex pernah diretas oleh pihak tak bertanggung jawab. Young Lex memberikan penjelasan mengenai hal tersebut beberapa bulan yang lalu. Dia menyampaikan, dia telah menghubungi pihak YouTube Indonesia dan saat ini pemulihan akun telah dilakukan.

"Buat yang nanya YouTube channel-nya Young Lex ke mana, YouTube channel gua di-hack untuk kedua kalinya. Luar biasa hacker-hacker, Russian, dari Rusia, jago banget gila," kata Young Lex melalui instastory, Jumat, 21 Oktober 2022.

Jadi, mungkin jadinya paling lama seminggu lagi, nanti baru balik lagi channel YouTube gue. So sorry ya guys,” lanjutnya.

3. Denny Sumargo

Denny Sumargo juga pernah pengalami peretasan kanal YouTube. Dia kehilangan akunnya selama kurang lebih satu minggu.

Pada Jumat, 16 Septemper 2022, Denny Sumargo diketahui telah kembali mengunggah video baru melalui akunnya. Video tersebut menampilkan penyanyi bernama Keiysa Levronka.

4. Gen Halilintar

Peretasan akun juga pernah menimpa Gen Halilintar. Kejadian ini terjadi pada tahun 2021. Saat itu, kanal YouTube Gen Halilintar memiliki lebih dari 17 juta subscribers.

Peretas akun tersebut mengganti nama kanal Gen Halilintar menjadi Ethereum Live News. Setelah beberapa waktu, akun YouTube milik keluarga Atta Halilintar itu berhasil dipulihkan.

5. Ivan Gunawan

Pada Agustus 2020, kanal YouTube milik Ivan Gunawan, desainer dan presenter, mengalami peretasan. Menurut Igun, sapaan Ivan Gunawan, pelaku peretasan tersebut adalah artis internasional berinisial KW. Akun YouTube berhasil diselamatkan setelah beberapa waktu.

6. Ruben Onsu

Pada tahun yang sama, tepatnya Januari 2020, rekan Igun juga mengalami peretasan akun YouTube. MOP Channel, kanal YouTube milik Ruben, saat ini telah kembali ke tangan pemiliknya.

Tak hanya mengembalikan akun miliknya yang diretas, Ruben juga membongkar motif pelaku peretasan tersebut. Dia menyatakan, peretas tidak suka dengan berita mengenai Betrand Peto Putra Onsu.

Itulah beberapa kanal YouTube artis Indonesia yang diretas dalam beberapa tahun terakhir. Saat ini, akun-akun tersebut telah kembali kepada pemiliknya. Sementara, Raditya Dika masih melakukan upaya pemulihan.  

Rekomendasi