Inilah Kelebihan Microphone Wireless Dibanding Microphone Berkabel, Apa Saja?

| 17 Mar 2023 16:35
Inilah Kelebihan Microphone Wireless Dibanding Microphone Berkabel, Apa Saja?
Ilustrasi perempuan (Foto: Freepik/benzoix)

ERA.id - Tak heran bila microphone wireless saat inii semakin banyak dicari. Microphone wireless memudahkan pergerakan tanpa terhalang dengan kabel. Maka dari itu, penting memilih microphone wireless dengan kualitas terbaik.

Ada banyak keuntungan dan manfaat yang bisa didapatkan dengan menggunakan microphone wireless. Salah satu microphone yang bisa kamu rasakan kelebihannya adalah perangkat dari Sennheiser EW-DX.

"Sistem yang luar biasa ini menggabungkan berbagai fitur profesional dan kemudahan penggunaan yang ditawarkan oleh housing yang kokoh dan telah dirancang dengan baik. Kami senang melihatnya memasuki pasar," kata Benny Franke, manajer produk Sennheiser, saat ditemui di Djakarta Theater, Jl. M.H. Thamrin, Menteng, Jakarta Pusat pada Kamis (16/3/2023).

Berikut kelebihan microphone wireless dibanding microphone berkabel, menurut Benny Franke.

Konferensi pers (Foto: Era.id/Adelia Hutasoit)
Konferensi pers (Foto: Era.id/Adelia Hutasoit)

1. Meningkatkan pengaturan microphone dengan digital wireless terbaru

Baik untuk kebutuhan perusahaan persewaan, tur band, teater, ibadah, atau penyiaran, EW-DX akan menyederhanakan alur kerja dan menghadirkan set fitur yang menarik ke berbagai aplikasi. Sistem EW-DX memanfaatkan pengaturan RF multi-channel yang otomatis, kontrol jarak jauh dan pemantauan yang terukur, serta enkripsi AES-256 untuk transmisi konten yang aman. Bandwidth lebih tinggi dibandingkan dengan EW-D, hingga 88 MHz, memungkinkan lebih banyak saluran untuk diakomodasi.

2. Efisiensi spektrum dan kemudahan penggunaan

Sebagai bagian dari seri Evolution Wireless Digital, EW-DX menghargai sumber daya penting, yaitu spektrum RF dan menghilangkan kerumitan wireless pada saat yang bersamaan.

Diciptakan dengan cermat, sistem ini tidak menghasilkan produk intermodulasi yang signifikan. Dari sudut pandang efisiensi spektrum, mikrofon tidak merusak spektrum yang tersedia dengan produk intermodulasinya.

Sehingga lebih banyak frekuensi transmisi dapat digunakan dan didistribusikan secara merata pada jarak reguler (yang disebut kisi frekuensi berjarak sama atau kisi penyetelan). Perhitungan frekuensi tidak lagi diperlukan, membuat pekerjaanmu lebih mudah.

"Link Density Mode akan memberi Anda lebih banyak ruang untuk bermanuver dalam spektrum RF yang padat," komentar Franke. 

"Sedikit pengurangan jangkauan hampir tidak terlihat selama produksi. EW-DX akan memberimu ketenangan, mengetahui bahwa kualitas audio dan daya transmisi tidak akan berkurang. Sinyal akan terdengar bagus, dan akan ditransmisikan dengan andal," lanjutnya.

3. Siap untuk aksi panggung

EW-DX menawarkan dua pilihan transmitter bodypack – EW-DX SK dengan jack 3,5 mm untuk mikrofon dan kabel instrumen, atau EW-DX SK 3-PIN untuk mikrofon dengan konektor tiga pin khusus. Bodypack dapat digunakan dengan clip-on digital-proof Sennheiser dan mikrofon headset, sistem Neumann MCM, dan mikrofon digital-proof pihak ketiga. Mikrofon genggam juga tersedia dalam dua versi: dengan sakelar senyap yang dapat diprogram tanpa suara (EW-DX SKM-S) dan tanpa sakelar (EW-DX SKM).

Tampilan kecerahan dapat disesuaikan, seluruh pengaturan dikunci, dan aset yang tak ternilai pada lebih banyak pengaturan panggung yang intim atau situasi penyiaran, status hijau pada LED yang ada pada transmitter dapat dimatikan.

Rekomendasi