Apa Itu Mindfulness dan Beberapa Manfaat yang Diberikan

| 18 Mar 2023 18:06
Apa Itu Mindfulness dan Beberapa Manfaat yang Diberikan
Ilustrasi mindfulness (Foto: Pixabay)

ERA.id - Semua orang tentu dapat merasakan stres yang disebabkan banyak hal. Contohnya terlalu banyak multitasking dalam pekerjaan, sehingga dapat memicu berbagai emosi negatif sampai kesehatan mental yang terganggu berupa depresi. Untuk mengurangi kadar stres dalam diri kita, ada beberapa hal yang dapat dilakukan, salah satunya dengan mindfulness. Apa itu mindfulness? Simak penjelasannya di bawah ini.

Pengertian Mindfulness Menurut Para Ahli

Ilustrasi apa itu mindfulness (foto: dok. pixabay)

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan mindfulness? Kebanyakan orang memahami mindfulness berupa meditasi yang tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan mental. Dengan menjalani beberapa menit latihan mindfulness sederhana diyakini efektif dalam mengurangi stres, merawat serta meningkatkan kesehatan mental.

Menurut Germer, Siegel, dan Fulton (2005) menjelaskan mindfulness sebagai bentuk atensi atau perhatian penuh pada kondisi saat ini dan dapat menerimanya dengan kesadaran yang penuh dan utuh. Adapun menurut Mace, mindfulness lebih menitikberatkan pada kesadaran. Dalam artian menyadari sepenuhnya apa yang tengah terjadi dan mampu mengalihkannya pada pengalaman lain. Dengan kata lain, mindfulness merupakan bentuk penerimaan sepenuhnya tanpa penilaian. Jon Kabat Zinn memaknai mindfulness sebagai kesadaran yang hadir dari perhatian seseorang saat ini tanpa ada tujuan menghakimi.

Apa Tujuan dari Mindfulness?

Ada beberapa hal yang menjadi tujuan dari mindfulness, antara lain sebagai berikut:

Fokus

Salah satu tujuan menjalani mindfulness yaitu untuk melatih diri agar lebih fokus pada emosi diri sendiri dan orang yang ada di lingkungan Anda. Misalnya emosi dari toxic customer dapat Anda hadapi dengan menggunakan kekuatan mindfulness. Sebab Anda dapat menerima setiap emosi yang datang dengan pikiran terbuka.

Menjalani Hidup dengan Penuh Rasa Syukur dan Mencintai Diri Sendiri

Bersyukur merupakan salah satu cara untuk merasakan kecukupan. Menerapkan mindfulness dapat membantu Anda untuk terus melatih rasa syukur dengan penyadaran bahwa harga diri Anda sangatlah berharga. Dengan demikian, Anda akan lebih mencintai diri Anda.

Mendapatkan Kesadaran Penuh dalam Hidup

Mindfulness juga bertujuan untuk meningkatkan kesehatan mental, seperti mampu mengingat lebih baik dan dapat mengelola rasa sakit dengan berfokus pada emosi. Anda juga lebih mampu mengembangkan pola pikir yang lebih positif. Selanjutnya, Anda dapat bekerja secara lebih efisien untuk meraih tujuan, dan menjadi lebih bahagia.

Manfaat Menerapkan Mindfulness dalam Kehidupan

Menurut para ahli di SANE, Australia, konsep mindfulness sebenarnya sudah dijalani banyak generasi selama lebih dari 2.500 tahun. Namun, teknik meditasi ini baru dijadikan bagian dari psikoterapi pada tahun 70-an. Apa saja manfaat yang bisa dirasakan dari penerapan konsep ini? Simak di bawah ini.

Meningkatkan Kesehatan Mental

Psikoterapis telah mengadopsi konsep mindfulness sebagai elemen penting dalam terapi untuk berbagai masalah kesehatan mental. Dengan kata lain, mindfulness berguna untuk mengatasi stres, gangguan makan, gangguan obsesif kompulsif, sampai depresi. Mindfulness juga dapat mengurangi rasa cemas berlebih. Meditasi mindfulness sendiri membantu meningkatkan hormon endorfin, sehingga dapat mengurangi pikiran negatif. Hormon endorfin juga berperan dalam peningkatan kualitas tidur yang lebih baik.

Melatih Fokus dan Menikmati Hidup

Melatih kesadaran dapat membantu Anda menjadi lebih fokus dan menikmati setiap momen yang Anda alami. Selain itu, Anda juga lebih mudah fokus pada ego Anda dan cenderung tidak terjebak dalam rasa kekhawatiran mengenai masa depan ataupun penyesalan masa lalu. Anda juga tidak akan terganggu oleh kekhawatiran mengenai kesuksesan dan harga diri.

Mindfulness akan membawa Anda untuk mengakses kemampuan dalam membangun hubungan yang lebih berkualitas dengan orang lain. Dengan demikian, mindfulness berguna untuk membuat semua orang lebih menikmati hidup.

Menyehatkan Fisik

Teknik mindfulness juga berguna untuk membantu menjaga tekanan darah tetap stabil dan meningkatkan kesehatan jantung. Manfaat lainnya juga dapat berupa mengurangi rasa sakit kronis, meningkatkan kualitas tidur, dan mengatasi masalah gangguan pencernaan. Selain itu, menjalani konsep mindfulness secara teratur dapat meningkatkan sistem imun tubuh, sehingga tubuh tidak mudah terpapar virus, seperti virus Covid-19.

Demikianlah penjelasan mengenai apa itu mindfulness beserta manfaat yang diberikan. Semoga ulasan ini bermanfaat!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi