Menghasilkan Energi Positif, Pedoman Menempatkan Tanaman Luar Ruangan Menurut Feng Shui

| 06 Feb 2021 08:00
Menghasilkan Energi Positif, Pedoman Menempatkan Tanaman Luar Ruangan Menurut Feng Shui
Tanaman (Foto: Unsplash/Lina Simonian)

ERA.id - Tak hanya menimbulkan keindahan, meletakkan tanaman hias di luar rumah membuat pemilik lebih sehat dan bahagia. Dengan meletakkan tanaman yang benar dapat membantu mengatur kelembapan dan meningkatkan suasana positif bagi pemilik rumah.

Menurut konsultan feng shui Ken Lauher, meletakkan tanaman di luar rumah memberikan kesehatan hingga kekayaan. Tanaman di luar rumah harus ditempatkan atau dikelompokan khusus agar mencapai kehidupan yang seimbang. 

Dilansir dari Home Guides, Sabtu (6/2/2021) ikuti saran dari ahli feng shui dalam meletakkan tanaman di luar ruangan untuk memberikan kebahagiaan, kekayaan, dan kesehatan. Berikut pedoman menempatkan tanaman luar ruangan menurut feng shui.

1. Semak dan Pohon

Akar semak besar, semak belukar dan pohon yang ditanam terlalu dekat dengan rumah tidak hanya dapat mengganggu keutuhan pondasi. Tetapi, tanaman besar juga dapat mengganggu perasaan sejahtera pemilik rumah.

Di halaman depan, pertahankan semak yang lebih besar dan jauhkan sedikit pepohonan dari rumah, terutama tidak menutupi area pintu depan dan jendela. Menurut Feng Shui, ini bisa membantu mencegah kreativitasmu hilang dan membantumu agar pikiranmu terbuka.

2. Tanaman Berwarna-warni

Free stock photo of city, colorful, flowers

Tanaman Berwarna-warni (Foto: Pexels/Klaudia Ekert)

Halaman depan yang penuh dengan tanaman berwarna-warni adalah pemandangan yang menyenangkan. Tetapi jangan terlalu berlebihan di halaman merah. Meskipun sedikit warna merah dapat memicu elemen api dan menghasilkan energi dan gairah yang positif. Namun, terlalu banyak warna merah dapat menimbulkan rasa gelisah. Jika kamu memiliki misi untuk memperkuat hubungan cinta, pilihlah tanaman atau bunga peony warna merah, oranye atau salmon.

3. Variasi

Tumbuhan tertentu membangkitkan lima elemen alam, yaitu tanah melalui tumbuhan yang tumbuh rendah, api dari tumbuhan berduri, air dan logam melalui tanaman berdaun lilin, dan kayu dengan tanaman tinggi. 

Gunakan keseimbangan jenis tanaman yang mewakili unsur-unsur untuk membentuk energi seimbang dan cobalah untuk tidak membiarkan satu jenis. 

Untuk yin dan yang seimbang, penting untuk memiliki campuran bentuk daun, seperti nasturtium daun bundar (yin) dan varietas ivy berdaun runcing (yang). Yin dan yang adalah kebalikan yang hidup berdampingan di alam seperti siang dan malam atau musim panas dan musim dingin. 

4. Tanaman Hias Gantung

green plants hanging

Tanaman Hias Gantung (Foto: Unsplash/John Smith)

Tak semua orang memiliki halaman. Sebagai penghuni, nikmati manfaat Feng Shui dari penanaman di luar ruangan dengan menggantung tanaman hijau dalam pot di balkon atau di luar jendela atau pintu. 

Isi pot dengan tanaman yang lebih kecil dan beragam yang mengikuti pedoman keseimbangan yin dan yang sebagai representasi dari lima elemen untuk membantu mencapai kesehatan, kekayaan dan kebahagiaan.

Rekomendasi