Tampilkan Karakter Transgender, Film West Side Story Dilarang Tayang di 6 Negara

| 11 Dec 2021 18:05
Tampilkan Karakter Transgender, Film West Side Story Dilarang Tayang di 6 Negara
Film West Side Story (Instagram)

ERA.id - Film West Side Story dikonfirmasi tidak akan tayang di 6 negara Timur Tengah, yakni Arab Saudi, Qatar, Uni Emirat Arab, Bahrain, Oman, dan Kuwait. Pelarangan penayangan ini berkaitan dengan film tersebut yang menampilkan karakter transgender.

Dilansir dari Screen Rant, Arab Saudi dan Kuwait sangat ketat akan penayangan konten bersisi LGBTQ. Dengan itu, kedua negara tersebut sama sekali tidak mengizinkan penayangan film tersebut.

Sedangkan untuk Uni Emirat Arab, Bahrain, Oman, dan Qatar sebelumnya masih mengizinkan penayangan film tersebut, dengan syarat adegan berisi transgender disensor. Namun, hal ini tidak disetujui oleh Disney dan 20th Century Studios yang memproduksi film tersebut, sehingga penayangan pun dibatalkan juga di keempat negara itu.

Sementara itu, karakter transgender yang dimaksud dalam film West Side Story adalah karakter yang diperankan oleh aktris non-bine Iris Menas. Dalam film, ia berperan sebagai Anybodys.

Selain film ini, sebelumya film Eternals juga tidak lulus sensor di negara Timur Tengah, terkait hal yang sama, yakni mengandung konten asmara pasangan sesama jenis. Marvel Studios juga sudah diminta untuk mensensor adegan sesama jenis dalam film itu, namun menolaknya, sehingga penayangan Eternals dibatalkan Qatar, Arab Saudi, Kuwait, Bahrain, dan Oman.

Rekomendasi