Sanksi Persib Diharapkan Jadi Momentum Perbaikan Sepak Bola

| 04 Oct 2018 11:35
Sanksi Persib Diharapkan Jadi Momentum Perbaikan Sepak Bola
TPF kasus Haringga Sirla (Foto: pssi.org)
Jakarta, era.id - Tim Pencari Fakta (TPF) PSSI insiden kematian suporter Pesija Jakarta, Haringga Sirla berharap keputusan Komite Disiplin (Komdis) terhadap Persib dan Persija menjadi awal momentum perbaikan sepak bola Indonesia.

Hal ini dikatakan oleh Ketua TPF, Gusti Randa Randa  dalam acara konferensi pers di Hotel Sultan, Rabu (3/10 2018). TPF dibentuk cepat oleh PSSI dengan durasi lima hari kerja yang terhitung dari mulai Jumat pekan lalu dan berakhir Senin. 

Selain Gusti Randa, TPF juga diisi oleh delapan orang lainnya, yakni Yoyok Sukawi, Pieter Tanuri, Yunus Nusi, Nugroho Setiawan, Asep Saputra, Laurent Albinus, Arek Patilatu, Fahmi Adlan.

"Prosesnya begitu kami ditunjuk, TPF bekerja dengan cepat agar produk bisa segera dikirimkan ke Komdis dan ke federasi. Produk dari TPF yang diberikan ke Komdis, bukan satu-satunya informasi di mana Komdis ambil keputusan, karena Komdis reguler ambil dari berbagai macam sumber. TPF hanya memperkaya dan memberi informasi ke Komdis agar tepat, tegas," kata Gusti, seperti dikutip dari pssi.org. 

Keputusan Komdis untuk sanksi Persib di antaranya dihukum menjalani pertandingan kandang di luar pulau Jawa tanpa penonton sampai akhir musim kompetisi Liga 1 2018. Selain itu, Persib masih tak diperbolehkan menggelar partai kandang di Bandung dengan penonton selama setengah musim 2019.

"Bahwa apa yang telah diputuskan, apa yang telah direkomendasikan, ini menjadi awal momentum untuk perbaikan keseluruhan. Apalagi slogan PSSI adalah sepak bola Indonesia itu harus bermartabat. Ayo kita mulai," tambah pria yang juga anggota Komite Eksekutif PSSI ini.

"Bagi mereka yang tidak puas, itu wajar. Merasa tidak adil dan seterusnya, silakan banding. Yang dahulu bagaimana? Tentu pengalaman-pengalaman itu akan menjadi pembelajaran," sambungnya.

Gusti juga menyatakan Persib bila akan banding silahkan diajukan kepada Komite Banding (Komding), lantaran PSSI sudah tidak bisa mencampuri keputusan yang sudah dibuat oleh Komdis.

Gusti juga menyatakan, keputusan Komdis harus dijadikan pelajaran bukan saja ke klub yang mendapat sanksi, tapi untuk seluruh klub Liga 1 dan Liga 2, dalam pengertian lain untuk seluruh klub sepak bola yang ada di yuridiksi PSSI.

"Selain ke Komdis, kami juga serahkan hasil ke federasi, karena itu sesuai Surat Keputusan (SK) dan ketika Kemenpora minta ke federasi, silakan," tukas Gusti Randa.

Baca Juga : Ridwan Kamil Sebut Sanksi Persib Berlebihan

Tags : persib persija
Rekomendasi