Lima Makanan yang Bikin Kamu Ngantuk Parah

Tim Editor

Ilustrasi (Pixabay)

Jakarta, era.id - Pernah enggak sih kamu merasa ngantuk pas habis makan? Kalau pernah, berarti kita sama guys. Ternyata salah satu penyababnya rasa kantuk itu karena makanan yang kita konsumsi. 

Untuk itu, kamu harus tahu makanan apa saja yang bisa bikin kita ngantuk. Kan enggak enak banget lagi aktivitas tiba-tiba rasa kantuk melanda. Ada 5 jenis makanan nih yang bisa bikin kamu ngantuk abis makan itu. Yuk simak artikel berikut, seperti dikutip paragram.id.

1. Ikan salmon
 
1. Ikan salmon(Foto: nutriouslife.com)

Ikan salmon ternyata salah satu menu yang bikin kita ngantuk lho. Sebab ikan tersebut mengandung banyak omega-3. Kalo zat ini masuk ke dalam tubuh tentu bisa memproduksi melatonin. Jadi, inilah yang menyebabkan seseorang jadi ngantuk berat setelah makan daging ikan salmon. Jenis makanan lain yang mengandung omega-3 adalah ikan sarden, mackerel, tiram, herring, tuna, lobster, juga ikan cod.

2. Nasi

2. Nasi(Foto: reference.com)

FYI, makan 2,5 cangkir nasi putih empat jam sebelum tidur bikin kita tidur lebih cepat lho. Itu kata penelitian dalam American Journal of Clinical Nutrition. Nasi mengandung karbohidrat. Zat itu kemudian akan mendorong perasaan tenang dan relaksasi.

Makanya, makan siang sampe kekenyangan bisa bikin kalian ngantuk berat tuh. Terus kalo malem, perut kalian yang terisi penuh oleh nasi bikin kalian tidur lebih cepat. Tapi jangan terlalu sering ya, banyak yang bilang kebiasaan ini kurang baik.

3. Telur

3. Telur(Foto: businessinsider.com)

Makan telur ternyata juga bikin kantuk gengs. Soalnya, telur mengandung vitamin D alami yang menurut penelitian akan berdampak pada kualitas tidur kita.

Studi-studi terbaru menjelaskan, laki-laki maupun perempuan yang kekurangan vitamin D bahaya. Bahayanya ada disoal kualitas tidur. Dampaknya adalah gangguan tidur atau kurang tidur secara keseluruhan.

5. Oatmeal

5. Oatmeal(Foto: self.com)

Ini dia menu sarapan klasik. Banyak yang menyarankan untuk menyantap semangkuk oatmeal pas sarapan. Tapi ternyata, oatmeal bisa juga memproduksi melatonin yang memicu kita untuk tidur.

Meski begitu, makanan sehat ini punya kandungan karbohidrat dan vitamn B6 yang bisa bikin kita cepet kenyang. Jadi wajar deh kalo tubuh kamu gampang lelah. Makanya, biar seimbang, kalian tambahin juga jenis makanan yang mengandung lemak sehat ke dalam semangkuk oatmeal. Ini enak banget untuk sarapan. Tapi risikonya ya ngantuk.

Tag: kesehatan manfaat makanan

Bagikan: