Makanan yang Bikin Ngantuk Berat Ini Harus Dihindari Saat Bekerja

| 06 Oct 2018 06:05
Makanan yang Bikin Ngantuk Berat Ini Harus Dihindari Saat Bekerja
Ilustrasi seorang wanita merasa ngantuk saat bekerja (Liputan 6)

Jakarta, era.id - Makanan yang bikin ngantuk berat perlu dihindari ketika kamu sedang bekerja. Mengapa? Ini karena rasa ngantuk dapat membuat kita tidak produktif dan susah untuk berkonsentrasi.

Rasa ngantuk muncul bisa karena badan terasa capek atau dari makanan yang kita konsumsi. Rasa ngantuk yang muncul setelah makan dapat dipengaruhi dari meningkatnya hormon selama proses pencernaan.

Ketika proses pencernaan berlangsung, tubuh mengeluarkan hormon serotonin dan melatonin. Meningkatnya hormon-hormon tersebut dapat menyebabkan rasa ngantuk.

Untuk itu, kamu harus tahu makanan apa saja yang bisa bikin kita ngantuk dan dapat menganggu aktivitas sehari-hari.

Daftar Makanan yang Bikin Ngantuk Berat

1. Ikan salmon

ikan salmon (orami)

Ikan salmon ternyata salah satu menu yang bikin kita ngantuk lho. Sebab ikan tersebut mengandung banyak omega-3. Kalo zat ini masuk ke dalam tubuh tentu bisa memproduksi melatonin. Jadi, inilah yang menyebabkan seseorang jadi ngantuk berat setelah makan daging ikan salmon. Jenis makanan lain yang mengandung omega-3 adalah ikan sarden, mackerel, tiram, herring, tuna, lobster, juga ikan cod.

2. Nasi

nasi putih (kompas)

Makanan yang bikin ngantuk berat selanjutnya adalah nasi. FYI, makan 2,5 cangkir nasi putih empat jam sebelum tidur bikin kita tidur lebih cepat lho. Itu kata penelitian dalam American Journal of Clinical Nutrition. Nasi mengandung karbohidrat. Zat itu kemudian akan mendorong perasaan tenang dan relaksasi.

Makanya, makan siang sampe kekenyangan bisa bikin kalian ngantuk berat tuh. Terus kalo malem, perut kalian yang terisi penuh oleh nasi bikin kalian tidur lebih cepat. Tapi jangan terlalu sering ya, banyak yang bilang kebiasaan ini kurang baik.

3. Telur

telur rebus (detikfood)

Makan telur ternyata juga bikin kantuk gengs. Soalnya, telur mengandung vitamin D alami yang menurut penelitian akan berdampak pada kualitas tidur kita.

Studi-studi terbaru menjelaskan, laki-laki maupun perempuan yang kekurangan vitamin D bahaya. Bahayanya ada disoal kualitas tidur. Dampaknya adalah gangguan tidur atau kurang tidur secara keseluruhan.

4. Daging ayam

daging ayam (tribun)

Makanan yang membuat ngantuk selanjutnya adalah daging ayam. Menurut penelitian di Amerika, daging ayam mengandng triptofon. Ini merupakan asam amino esensial yang dapat memproduksi serotonin dan melatonin.

Perlu diketahui bahwa serotonin merupakan hormon yang dapat meningkatkan mood dan rileks, sementara melatonin merupakan hormon yang dapat mengatur siklus tidur.

5. Oatmeal

oatmeal (gramedia)

Ini dia menu sarapan klasik. Banyak yang menyarankan untuk menyantap semangkuk oatmeal pas sarapan. Tapi ternyata, oatmeal bisa juga memproduksi melatonin yang memicu kita untuk tidur.

Meski begitu, makanan sehat ini punya kandungan karbohidrat dan vitamn B6 yang bisa bikin kita cepet kenyang. Jadi wajar deh kalo tubuh kamu gampang lelah. Makanya, biar seimbang, kalian tambahin juga jenis makanan yang mengandung lemak sehat ke dalam semangkuk oatmeal. Ini enak banget untuk sarapan. Tapi risikonya ya ngantuk.

Itulah beberapa makanan yang bikin ngantuk berat dan perlu kamu hindari ketika sedang bekerja atau beraktivitas.

Rekomendasi