13 Tahun Berkarier, Super Junior Berterima Kasih pada ELF

| 07 Nov 2018 09:45
13 Tahun Berkarier, Super Junior Berterima Kasih pada ELF
Super Junior. (Foto: Twitter @SJofficial)
Jakarta, era.id - Grup K-pop kenamaan Super Junior mengekspresikan rasa terima kasih mereka pada para penggemar dan meminta agar dukungannya tetap mengalir dalam pesan video yang dibuat untuk menandai perayaan 13 tahun sejak debut di industri musik Korea Selatan, Selasa (6/11).

"Kami bisa dicintai selama 13 tahun karena kalian ada untuk kami," ujar Leeteuk, pemimpin Super Junior, dalam pesan yang diunggah di YouTube. 

"Sekarang sudah tahun ke-13 dan kami ingin terus mengirimkan pesan video seperti ini pada kalian hingga kami merayakan tahun ke-23, 33 dan 43."

Dikutip dari Antara, Rabu (7/11/2018), personel Super Junior yang lain, Siwon menambahkan, semua ini terjadi berkat dukungan dan cinta ELF, sebutan untuk penggemar Super Junior.

Super Junior debut pada 2005 dalam formasi 12 anggota, Leeteuk, Heechul, Hangeng, Yesung, Kangin, Shindong, Sungmin, Eunhyuk, Donghae, Siwon, Ryeowook, Kibum.

 

Jumlahnya bertambah jadi 13 orang ketika Kyuhyun, anggota termuda, bergabung pada 2006. Tapi grup yang tampil di upacara penutupan Asian Games 2018 di Jakarta ini menyusut jadi 11 orang setelah Hangeng dan Kibum keluar karena alasan pribadi.

Di antara mereka, Kangin dan Sungmin adalah anggota yang tidak aktif. Dalam kasus Kangin, ini terjadi sejak ia dituduh mabuk saat mengemudi, sementara Sungmin dikritik karena tidak berkomunikasi dengan penggemar.

Sejak debut, Super Junior telah menelurkan karya-karya terkenal seperti Sorry, Sorry, Bonamana, Mr. Simple dan Mamacita. Mereka memecahkan rekor sebagai grup K-pop pertama yang menggelar konser solo di Prancis dan menempati posisi puncak layanan musik Taiwan selama 121 pekan berturut-turut. Super Junior juga jadi grup K-pop pertama yang masuk ke tangga Latin Billboard lewat One More Time, album spesial yang rilis pada 8 Oktober.

 

Rekomendasi